SEO atau SEM. mana yang paling bagus?

Diposting pada

Pengertian SEO

SEO atau merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk optimisasi website dan segala aspek serta kontennya agar mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari, misalnya pada Google.

SEO atau SEM. mana yang paling bagus?
SEO atau SEM. mana yang paling bagus?

SEO ini berpengaruh agar website yang dipunyai bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Website yang memiliki SEO bagus atau peringkat yang tinggi bisa muncul di daftar pencarian yang paling atas. Makin atas hasil pencarian, maka kemungkinan pengunjung akan mengunjungi link tersebut juga akan menjadi semakin besar.

Baca Juga : Youtube Marketing Adalah

Algoritma dari SEO ini akan terus berubah dari waktu ke waktu, seiring dengan perubahan dari algoritma mesin pencari itu sendiri.

Pengertian SEM

SEM atau merupakan singkatan dari Search Engine Marketing adalah suatu proses pemasaran di internet yang dilakukan dengan cara promosi website untuk bisa meningkatkan visibilitas website tersebut di halaman mesin pencari, misalnya pada Google. SEO sendiri merupakan salah satu komponen dari SEM. Selain itu, SEM juga mencakup teknik-teknik pemasaran lainnya yang terkait.

SEM selain digunakan untuk mengoptimasi website di halaman mesin pencari bisa juga menggunakan penelusuran berbayar. Misalnya adanya pembayaran per klik (pay per click, PPC), dan iklan yang ada di website.

Perbedaan antara SEO dan SEM, mana yang paling bagus

Dari kedua penjelasan mengenai pengertian SEO dan SEM di atas, telah diketahui bahwa SEO merupakan bagian dari SEM. Perbedaan dari SEO dan SEM yaitu SEO dapat meningkatkan jumlah pegunjung website dengan cara membuat website tersebut muncul di halaman awal mesin pencari, sedangkan SEM mencakup jangkauan yang lebih besar yaitu teknik pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas suatu web.

Bicara mengenai mana yang lebih bagus antara SEO dan SEM, sebenarnya penggunaan SEM membutuhkan juga SEO yang bagus. Namun, dalam beberapa kasus, terkadang komponen SEM yang lain lebih masuk akan untuk digunakan dibandingkan dengan SEO.

Demikian penjelasan mengenai SEO dan SEM, mana yang paling bagus. Semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Jumlah Share Artikel Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *