Contoh dan Macam Macam Segmentasi Pasar

Diposting pada

Contoh dan Macam Macam Segmentasi Pasar – Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang jenis dan contoh segmentasi pasar. Bukti konkrit mengenai proses pembagian konsumen yang heterogen menjadi homogen.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

Secara garis besar, segmentasi pasar memiliki 5 jenis yang umum. Berikut kami rilis penjelasannya yang lebih detail, yaitu:

1). Segmentasi Pasar berdasar Geografi

Jenis ini memiliki pengertian pembagian konsumen disesuaikan dengan letak geografis yang bersangkutan. Seperti letak negara, wilayah, kota maupun desa yang menjadi domisili mereka.

2). Segmentasi Pasar berdasar Demografi

Sedangkan segmentasi pasar berdasar demografi adalah pembagian konsumen disesuaikan dengan usia, tingkat ekonomi, pendidikan dan jenis kelamin yang bersangkutan.

3). Segmentasi Pasar berdasar Psikografis

Segmentasi psikografis adalah pembagian pasar dengan cara mempelajari konsumen dengan demografis tertentu di dalam merespon promosi produk yang dilakukan.

4). Segmentasi Pasar berdasar Sosiokultural

Segmentasi pasar berikut ini, merupakan proses memilah konsumen dengan memperhatikan situasi sosial dan budaya masyarakat. Titik tumpu penilaian untuk jenis ini didasarkan pada:

  • Daur hidup keluarga
  • Kelas sosial
  • Budaya dan sub-budaya

5). Segmentasi Berdasar Situasi Penggunaan

Segmentasi yang terakhir ini adalah tindakan mempelajari peluang konsumen untuk membeli sebuah produk. Biasanya, jenis ini digunakan manakala perusahaan akan memproduksi produk baru.

Contoh Segmentasi Pasar

1). Segmentasi Pasar Aqua

Secara geografis, pemasaran aqua sudah menjangkau berbagai wilayah. Tidak hanya daerah perkotaan, suplai produk juga merambah pelosok desa.

Sedangkan segmentasi pasar produk Aqua secara demografis lebih bagus lagi. Karena air mineral ini bisa digunakan oleh semua masyarakat lintas usia dan kelamin.

2). Segmentasi Pasar Coca-Cola

Untuk segmentasi geografis, basis pemasaran coca cola yang besar hanya di Jepang. Sedangkan secara psikografis, tidak semua orang mau membelinya, sehingga muncul coca cola rendah kalori yang lebih sehat.

Dengan penjabaran di atas, tentu anda sudah paham tentang apa itu segmentasi pasar berikut jenis dan contoh-contohnya. Nah, menurut kami, narasi di atas bisa menjadi rujukan ketika anda akan melakukan pemasaran suatu produk dengan skala besar maupun menengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *