Perbedaan Basa Adenin dengan Guanin
Perbedaan Basa Adenin dengan Guanin

Perbedaan Basa Adenin dengan Guanin

Diposting pada

Perbedaan Basa Adenin dengan Guanin – Basa adenin yang berada didalam DNA dan RNA adalah suatu informasi genetik yang tersimpan dalam organisme dimana adenin dapat ditemukan dan menjadi salah satu jenis nukleobasa. Kondisi ini merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam keberlangsungan hidup makhluk hidup.

Zat tersebut memiliki rumus kimia C5H5N5 yang merupakan sejenis purin yang merupakan semacam senyawa organik yang terdiri dari atom karbon dan nitrogen yang diatur dalam bentuk dua cincin. Adenin tidak hanya ditemukan dalam asam nukleat saja, tetapi juga diberbagai xat yang berbeda-beda terdapat basa nukleat.

Basa guanin adalah salah satu bahan untuk menyusun asam deoksiribonukleat atau dapat disebut juga dengan DNA dan asam ribonukleat yang sering kali disebut dengan RNA.

Guanin merupakan struktur yang terdiri dari molekul-molekul yang terdiri dari dua cincin yang menjadi satu dari beberapa komponen nukleobasa yang ditemukan didalam asam nukleat DNA dan RNA.

Guanin juga merupakan nukleobasa purin yang memiliki rumus kimia C5H5N5O yang dimana kandungan purin didalamnya merupakan senyawa organik aromatik heterosiklik yang terdiri dua cincin karbon yaitu pirimidin dan imidazol.

Perbedaan yang ditemukan antara basa adenin dan guanin diantaranya :

  1. Pasangan Basa Komplementer

Pasangan basa komplementer adenin ini akan membentuk suatu rangkaian pasangan basa komplementer yang berpasangan dengan timin yang ada dalam DNA itu sendiri dan juga urasil yang terkandung dalam DNA. Berbeda dengan guanin yang membentuk pasangan basa kompemener dengan zat sitosin yang terselip dalam DNA dan juga RNA.

  1. Ikatan

Adenin mengikat zat timin yang berbeda sifat dengan guanin yang mengikat dan merujuk sitosin. Ikatan hidrogen pada masing-masing zat akan membentuk guanin dan juga sitosin, sedangkan kedua ikatan hidrogen akan membentuk zat antara adenin dan juga timin.

  1. Kelompok Fungsional

Dalam cincin yang ada di pirimidin, adenin memiliki kandungan gugus zat yang dinamakan amina pada C-6, berbeda dengan guanin yang memiliki kandungan gugus amina pada C-2 dan juga gugus karbonil pada C-6 dalam rangkaian putaran cincin di pirimidin.

  1. Rumus

Adenin rumus kimianya C5H5N5, sedangkan guanin C5H5N5O.

  1. Massa Molekul

Massa molekul adenin 135,13 g/mol, sedangkan guanin 151,13 g/mol.

  1. Kelarutan dalam Air

Kelarutan air pada adenin 0,103 g/100 ml yang berarti bahwa adenin mudah larut dalam air. Berbeda dengan guanin yang tidak larut dalam air.

  1. Nuklesida

Nuklesida adenin disebut dengan adenosine, sedangkan nuklesida guanin disebut dengan guanosin.

  1. Fungsi lainnya

Fungsi lain adenin adalah membangun ATP, NAD dan FAD yang berfungsi sebagai pembawa energi. Berbeda dengan guanin yang membangun GTP yang berfungsi sebagai utusan kedua.

Baca Juga : Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *