Penjelasan lengkap mengenai Giro    

Diposting pada

Pengertian Giro

Pengertian Giro adalah istilah dalam dunia perbankan yang digunakan untuk menyebut sistem pembayaran berupa surat perintah pemindahbukuan sejumlah uang dari rekening seseorang ke rekening lainnya yang telah ditunjuk oleh isi dari surat tersebut. Bisa dikatakan bahwa giro memiliki sistem yang berkebalikan dengan cek.

Dalam sistem giro, pembayar giro akan memerintahkan banknya untuk mengambil dana dari akunnya untuk dipindahkan ke penerima bayaran sehingga penerima giro bisa mengambil uang tersebut. Sistem dari giro tidak bisa terpental karena bank hanya bisa memproses perintah giro apabila pembayar memiliki dana yang cukup di dalam rekeningnya. Hal ini berarti bahwa pihak pembayar giro tidak bisa mendapatkan keuntungan dari float.

Untuk bisa menggunakan giro, nasabah memerlukan adanya bilyet giro. Bilyet giro adalah surat berharga yang bisa digunakan untuk mencairkan giro di bank dengan cara disetorkan terlebih dahulu ke dalam rekeningnya.

Manfaat dari Adanya Giro

Adanya giro bisa memberikan manfaat bagi pengguna atau nasabahnya. Berikut adalah berbagai fungsi dan manfaat dari adanya giro:

  • Mempermudah nasabah untuk menarik uang sewaktu-waktu sehingga kegiatan usaha bisa menjadi lebih efektif dan efisien
  • Memudahkan terjadinya transaksi jual beli untuk pemilik rekening giro
  • Simpanan giro bisa ditarik setiap saat sehingga bisa dicairkan jika sewaktu-waktu memerlukan uang tunai
  • Nasabah tidak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah yang terlalu besar
  • Proses administrasi untuk mengurus giro cenderung lebih mudah dan bisa dikontrol karena nasabah akan mendapatkan rekening koran setiap bulannya. Rekening koran adalah laporan yang diberikan oleh pihak bank ke nasabah pemegang rekening giro yang berisi saldo kas di bank, mutasi debet, dan mutasi kredit giro.

Jenis-jenis Giro

Berikut adalah jenis-jenis dari giro yang bisa kita gunakan:

  • Rekening atas nama suatu badan atau rekening atas nama seperti milik lembaya, yayasan, koperasi, persekutuan, dan lains sebagainya.
  • Rekening perorangan

Rekening perorangan adalah rekening giro yang dimiliki oleh perorangan atau usaha perorangan seperti toko, restoran, bengkel, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *