Pengertian Planet

Diposting pada

Pengertian Planet – Tata surya merupakan bagian dari alam semesta yang berada di dalam Galaksi Bikmasakti. Sistem tata surya ini terdiri dari lima bagian, yaitu matahari, 4 planet luar, 4 planet dalam, sabuk asteroid, dan sabuk kuiper.

Planet berasal dari bahasa Yunani Kuno αστήρ πλανήτης (astēr planētēs) yang memiliki arti sebagai bintang pengelana, yaitu benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri namun tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir dan telah membersihkan daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi oleh planetesimal.

Sementara itu, International Astronomical Audit (IAU), planet merupakan benda langit yang mempunyai orbit mengelilingi matahari, memiliki massa dan gravitasi yang cukup sehingga dapat membentuk struktur bulat, dan memiliki lintasan orbit yang bersih (tidak ada benda langit lainnya di dalam orbit).

Planet juga tidak dapat memancarkan cahaya matahari seperti bintang, tetapi planet hanya merefleksikan cahaya tersebut. Secara umum, planet memiliki arti sebagai benda langit yang mengelilingi suatu bintang dengan lintasan serta kecepatan tertentu.

Pengelompokkan planet di tata surya terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan berbagai faktor pada planet. Berikut ini adalah tiga kelompok susunan planet yang dibuat oleh para ahli astronomi :

Berdasarkan posisi planet yang dilihat dari orbit bumi.

1). Planet inferior :

  • Planet yang terletak dalam orbit bumi.
  • Contoh : Merkurius dan Venus.

2). Planet superior

  • Planet yang terletak diluar orbit bumi.
  • Contoh : Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Berdasarkan material penyusun planet

1). Planet terrestrial

  • Planet dengan ukuran relatif kecil, berbatu, dan atmosfernya tipis.
  • Contoh : Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

2). Planet jovian

  • Planet yang permukaannya tersusun dari gas, cairan, es tebal, dan ukurannya relatif besar.
  • Contoh : Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Berdasarkan letaknya dilihat dari orbit asteroid

1). Planet luar

  • Planet yang berada diluar orbit asteroid
  • Contoh : Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

2). Planet dalam

  • Planet yang berada di dalam orbit asteroid
  • Contoh : Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Pengelompokkan planet berdasarkan tata letaknya orbit asteroid memiliki ciri-ciri tersendiri untuk dibedakan. Planet dalam terdiri dari permukaan yang padat, tidak mempunyai cincin, memiliki sedikit satelit, dan terbentuk dari logam serta batu. Sementara itu, planet luar terbentuk dari hidgrogen serta helium, mempunyai banyak satelit, dan mempunyai cincin serta atmosfer yang tebal.

Pada umumnya, masing-masing planet memiliki cirinya masing-masing yang didasarkan pada : warna, jarak dengan matahari, permukaan planet, ukuran, suhu, periode rotasi, banyaknya satelit yang dimiliki, serta lapisan atmosfer pada planet tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *