Pengertian OPEC

Diposting pada

Pengertian OPEC – OPEC adalah singkatan dari Organization of Petroleum Exporting Countries, maksudnya adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara pengekspor minyak.

Pengertian OPEC
Pengertian OPEC

OPEC didirikan pada 14 September 1960 dengan 5 negara pendiri, yaitu: Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi dan Venezuela. Pembetukan OPEC merupakan hasil pertemuan kelima negara tersebut pada tanggal 10-14 Spetember 1960 di Baghdad untuk mendiskusikan cara meningkatan harga minyak mentah.

Pertemuan tersebut diprakarsai oleh Venezuela dengan mendekati Irak, Iran, Kuwait, dan Arab Saudi.

Pembentukan OPEC bertujuan untuk mempertahankan harga minyak dan menentang penurunan harga minyak secara sepihak oleh The Seven Mayor.

The Seven Mayor merupakan perusahaan-perusahaan minyak raksasa dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Jepang. Berikut adalah tujuan OPEC secara lengkap:

  • Menyatukan kebijakakn perminyakan antar negara anggota
  • Memenuhi kebutuhan dunia akan minyak bumi
  • Menstabilkan harga minyak dunia
  • Menentukan kebijakan-kebijkaan untuk melindungi negara anggota
  • Mempertahankan harga minyak dan menentang penurunan harga minyak secara sepihak oleh The Seven Mayor

Untuk bergabung dengan OPEC, syarat yang perlu dimiliki oleh suatu negara adalah:

  • Merupakan negara pengekspor minyak mentah
  • Mempunyai kepentingan yang sama dengan negara-negara yang sudah menjadi anggota OPEC
  • Mendapat persetujuan dari mayoritas anggota OPEC

Sekarang ini, beberapa negara lain telah turut bergabung dalam OPEC. Selain kelima negara pendiri, negara-negara anggota OPEC adalah: Qatar, Libya, Uni Emirat Arab, Aljazair, Nigeria, Angola, dan Ekuador.

Selain itu, Gabon juga turut serta dengan status sebagai associate member pada 1973, namun keluar dengan keanggotan penuh dari 1975-1995.

Indonesia sendiri pernah bergabung pada tahun 1962 namun mengajukan surat pengunduran diri pada akhir 2008. Hal ini dikarenakan Indonesia telah menjadi negara importir minyak dan tidak mampu memenuhi kuota produksi yang ditetapkan. Meskipun begitu, berdasarkan hasil rapat OPEC, Indonesia hanya di suspen dari keanggotaan.

Pada tahun 2014, Indonesia kembali menjadi anggota OPEC secara resmi. Sayangnya, pada tanggal 30 November 2016, Indonesia kembali keluar dari keanggotaan OPEC. Hal ini dikarenakan kebijakan OPEC untuk menurunkan produksi minyak Indonesia sebanyak 37.000 barel per hari untuk menghentikan penurunan harga minyak.

Baca Juga : Sistem Reproduksi Laki-Laki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *