Pengertian Kolonialisme Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Kolonialisme– Kolonialisme berasal dari bahasa latin ‘colonia’ yang berarti tanah, tanah pemukiman atau jajahan.

Secara umum, kolonialisme dapat diartikan sebagai penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu.

Kolonialisme memiliki arti perluasan atau penguasaan suatu wilayah dimana yang menguasai adalah suatu negara yang terletak diluar lokasi atau wilayah negara tersebut. Kolonialisme memiliki tujuan untuk mendapatkan dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, perdangangan di daerah tersebut.

Semenjak zaman Yunani Kuno, para petani sudah mengenal sistem kolonialisme melalui perpindahan wilayah yang dilakukan dari tanah yang tandus ke tanah yang lebih subur untuk meningkatkan taraf kehidupan.

Politik kolonial modern mulai tumbuh sejak abad ke-16 yang diawali dengan penemuan besar oleh para pedagang Bangsa Eropa. Bangsa yang disebut sebagai koloniator pertama adalah Inggris, Perancis, dan Belanda. Bangsa-bangsa ini merupakan bangsa yang haus dengan nama besar, kejayaan, dan kekayaan.

Kemunculan politik kolonialisme bertujuan untuk menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni untuk perkembangan industri serta pemenuhan kejayaan.

Kebanyakan orang akan mengartikan kolonialisme sebagai sebuah penjajahan terhadap negara lain. Hal tersebut tidaklah salah, karena pada zaman kolonialisme penjajah akan mengambil sumber daya alam berupa hasil bumi, tambang, bahkan tenaga manusia tanpa mendapatkan ganti rugi.

Untuk mengetahui pengertian kolonialisme secara mendalam, beberapa para ahli dibawah ini akan menjabarkan pendapatkan mengenai definisi kolonialisme.

  1. Andre Gunder Frank

Kolonialisme adalah pemindahan kekayaan dari daerah terjajah ke daerah penguasa dan menghambat kesuksesan pertumbuhan ekonomi negara jajahan.

  1. Rochmadi

Kolonialisme adalah politik yang dijalankan mengenai suatu koloni, suatu daerah jajahan, sebagian dari imperium.

  1. Alan Bullock

Kolonialisme adalah bentuk implementasi yang didasarkan penegakan(hukum) yang cukup tajam dan radikal terhadap negara jajahan.

  1. Collins English Dictionary 

Kolonialisme adalah kebijakan dan praktek kekuatan dalam memperluas kontrol atas masyarakat lemah dalam kawasan negara lain.

  1. Loomba 

Kolonialisme merupakan satu implikasi berupa perjumpaan antar manusia dalam bentuk penaklukan dan dominasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *