Pengertian Ikatan Kimia

Diposting pada

Pengertian Ikatan KimiaIkatan kimia adalah gaya yang mengikat atom atau ion dalam suatu molekul atau senyawa. Konsep ikatan kimia pertama kali dikemukakan pada tahun 1916 oleh Gilbert Newton Lewis dari Amerika dan Albrecht Kossel dari Jerman.

Kestabilan Unsur

dibandingkan dengan unsur lain, unsur gas mulia merupakan unsur yang sangat stabil. Kestabilan ini disebabkan karena susunan elektronnya berjumlah 8 elektron di kulit terluar, kecuali helium (mempunyai konfigurasi elektron penuh). Hal ini dikenal dengan konfigurasi oktet (konfigurasi stabil gas mulia), kecuali helium dengan konfigurasi duplet.

Unsur-unsur lain dapat mencapai konfigurasi oktet dengan membentuk ikatan agar dapat menyamakan konfigurasi elektronnya dengan konfigurasi elektron gas mulia terdekat. Kecenderungan ini disebut aturan oktet. Konfigurasi oktet dapat dicapai dengan menangkap, melepas, atau memasangkan elektron. Dalam mempelajari materi ikatan kimia ini, hal yang perlu kita pelajari juga yaitu memahami terlebih dahulu tentang lambang Lewis. Lambang Lewis adalah lambang atom disertai elektron valensinya.

Proses Terbentuknya Ikatan Kimia

Antara dua atom atau lebih dapat saling berinteraksi lalu membentuk sebuah molekul. Interaksi ini selalu disertai dengan pelepasan energi, sedangkan gaya yang menahan atom-atom dalam molekul merupakan suatu ikatan kimia. Iktan kimia terbentuk karena unsur-unsur ingin memiliki konfigurasi elektron stabil.

Jenis-Jenis Ikatan Kimia

Setelah mengetahui sedikit penjelasan mengenai ikatan kimia, berikut ini adalah jenis-jenis ikatan kimia :

  1. Ikatan Ion

Ikatan Ion adalah jenis Ikatan yang terbentuk karena adanya serah terima elektron. Kedua ikatan tersebut berikatan karena adanya gaya elektrostatis.

  1. Ikatan Kovalen

Menurut James E. Brady (1990) Ikatan Kovalen adalah jenis ikatan yang terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom.

Ikatan kovalen terjadi akibat ketidakmampuan salah satu atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron.

  1. Ikatan Logam

Ikatan Logam merupakan ikatan kimia yang terjadi karena adanya gaya tarik menarik antara elektron yang bergerak bebas dengan inti atom yang bermuatan positif.

  1. Ikatan Hidrogen

Ikatan hidrogen adalah jenis ikatan intermolekul (antarmolekul) dan bukan ikatan intramoleku (di dalam molekul).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *