Pengertian dan Fungsi HTTP

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi HTTP – Pengertian HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Protokol Transfer Hiperteks.

HTTP merupakan sebuah protokor jaringan lapisan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur sistem informasi agar bisa terdistribusi dan kolaboratif menggunakan hipermedia. Dengan kata lain, HTTP digunakan untuk mengatur komunikasi yang terjadi antara client dan server.

Dalam konteks ini, client adalah pengguna komputer atau web browser, sedangkan server adalah pemberi tanggapan yang bertugas menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta oleh klien dengan cara menghubungkan tautan menggunakan dokumen hiperteks, sehingga bisa membentuk World Wide Web.

Cara kerja dari HTTP yaitu dengan menghubungkan komunikasi antara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Ada beberapa protokol atau perintah yang harus diikuti oleh komputer yang ingin mengirim atau menerima pesan. Contoh dari protokol yang umum digunakan yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jenis Kejahatan Internet

Penggunaan pertama dari protokol HTTP oleh World Wide Web yaitu terjadi di tahun 1990. Pada masa itu, digunakanlah HTTP versi 0.9. Versi ini mentransmisikan atau mentransfer dokumen secara mentah tanpa memandang tipe dari dokumen yang dikirim.

Protokol HTTP ini diperbaiki lagi dan diluncurkan pada tahun 1996 sebagai HTTP versi 1.0. Contoh perubahan yang diterapkan yaitu mengakomodasikan tipe-tipe dokumen berbeda yang akan dikirim beserta enkodingnya yang digunakan.

Kemudian, pada tahun 1999, HTTP versi 1.1 diluncurkan dengan fitur baru untuk bisa mengakomodasikan proxy, cache, dan koneksi yang persisten. Hal ini dilakukan seiring dengan perkembangan infrastruktur internet yang semakin kompleks dan canggih.

Fungsi HTTP

Berikut adalah beberapa fungsi yang ada dari penggunaan dan dikembangkannya HTTP:

  • Untuk memungkinkan adanya komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya atau memungkinkan adanya komunikasi antara komputer client dengan komputer server
  • Menentukan cara agar suatu data atau pesan bisa diransmisikan melalui format yang bisa merespon browser yang digunakan untuk menampilkan data-data tersebut
  • HTTP merupakan komunikasi protokol yang menghubungkan dan mentransfer informasi ke internet

Baca Juga : Cara Memperbaiki Crawl Errors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *