Jenis Kejahatan Internet

Diposting pada

Jenis Kejahatan Internet – Jaman semakin modern tentu tidak menjamin sistem kemanan mengikuti perkembangan zaman. Kejahatan yang marak saat ini tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga terjadi di dunia maya.

Terutama buat orang – orang yang kini hidup dengan mengandalkan internet tentunya harus waspada dengan kejahatan – kejahatan yang bisa menimpa diri sendiri maupun orang lain.

Kejahatan Internet adalah tindakan kriminalitas yang dilakukan seseorang menggunakan komputer sebagai alat utama, serta memanfaatkan perkembangan internet dimana ada celah untuk melakukan tindakan kejahatan tersebut. Berikut akan dijelaskan beberapa jenis kejahatan.

Kejahatan pertama adalah Carding, yaitu aktivitas berbelanja illegal menggunakan nomor atau identitas dari kartu kredit milik orang lain, tindakan pencurian yang bersifat digital.

Pelakunya disebut carder. Kejahatan kedua adalah Defacing, kejahatan berupa mengubah suatu halaman situs atau website pihak lain. Situs yang terkena defacing biasanya dapat dipulihkan dengan cepat.

Kejahatan ketiga adalah hacking, yaitu tindakan pencurian privasi dengan meretas program komputer atau database milik orang lain. Hacker sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu hacker baik dan buruk.

Hacker baik adalah hacker yang jika menemukan celah keamanan akan memberi tahu developer program tersebut agar segera diperbaiki, sedangkan hacker buruk adalah hacker yang memanfaatkan celah kemanan tersebut untuk mengambil alih sebuah program, atau untuk mengacaukan aplikasi.

Kejahatan keempat adalah cracking, yaitu tindakan peretasan yang bersifat jahat atau merusak. Pelakunya disebut cracker. Kegiatan cracking bisa berupa pencurian dalam dunia maya.

Kegiatan berikutnya adalah phising, yaitu tindakan yang bekerja dengan cara menipu para pengguna internet agar pengguna mau memberi informasi data diri korban. Data – data tersebut digunakan untuk tujuan merugikan.

Kejahatan keenam adalah spamming, yaitu aktivitas mengirim pesan atau iklan yang tidak dikehendaki, biasanya melalui email (surat elektronik).

Pengiriman pesan tersebut biasanya bertubi – tubi, sehingga biasanya masuk ke folder spam. Kejahatan yang lain adalah malware, software yang dapat merusak atau membobol suatu software, atau bahkan sebuah sistem.

Berbagai macam malware yaitu worm, trojan, horse, adware, dan lain-lain. Malware dapat mengakses data privasi orang lain tanpa diketahui oleh pemilik data atau computer tersebut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Crawl Errors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *