Dampak, Proses, dan Contoh Globalisasi

Diposting pada

Dampak, Proses, dan Contoh Globalisasi – Kali ini kita akan sedikit menyinggung globalisasi, sedikitnya kita sudah tahu apa yang dinamakan dengan globalisasi, globalisasi sendiri merupakan suatu proses saling berhubungan secara internasional yang terjadi karena pertukaran paradigma dunia, pemikiran, produk, aspek-aspek kebudayaan lainnya. kemunculan dari internet merupakan salah satu bagian utama dalam globalisasi yang semakin mendorong ketergantungan seperti dalam aktivitas ekonomi.

malcom waters sendiri mendefinisikan globalisasi sebagai proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terdapat di dalam kesadaran orang.

Dampak dari Globalisasi

Yang namanya globalisasi sudah tentu pasti akan sangat berpengaruh dan berdampak pada keadaan dunia, namun sebenarnya dampak dari globalisasi ada positif maupun negatif, lalu apa saja? Mari perhatikan penjelasan berikut.

Dampak Positif:

  • Adanya sebuah perubahan tata nilai dan sikap, mana adanya globalisasi masyarakat yang semua irasional menjadi logis.
  • dengan adanya globalisasi tentu akan berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan dengan terus berkembangnya teknologi tentu akan semakin memudahkan masyarakat dalam beraktivitas serta mendorong masyarakat untuk berpikir lebih visioner.
  • Adanya tingkat kehidupan yang lebih baik, seperti misalnya, dibukanya sebuah industri yang memproduksi alat-alat komunikasi, yang nantinya kemudian akan mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif:

  • Sikap individualis, kadang manusia lupa bahwa mereka merupakan makhluk sosial yang perlu untuk berinteraksi, karena hal tersebutlah manusia kadang berpikir tidak membutuhkan manusia lainnya.
  • Westernisasi atau gaya hidup Barat, tentu tidak semua budaya barat baik dan cocok untuk diterapkan di Indonesia, soalnya budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli Allah anak-anak lebih suka mendengarkan lagu dewasa, kehidupan yang bebas, dan lain-lain.
  • Pola hidup konsumtif, semakin maraknya serta semakin banyaknya penyedia alat alat komunikasi canggih, yang dampaknya akan membuat masyarakat semakin mudah untuk tertarik dalam mengonsumsi barang karena pilihan yang banyak.

Proses Globalisasi

Mengenai proses globalisasi, sebenarnya itu sudah terjadi sejak berabad-abad lalu tepatnya di akhir abad ke-19, dan memasuki awal abad ke-20 arus perkembangan globalisasi semakin pesat dan cepat serta sulit untuk terbendung, dimulai dari ditemukannya teknologi komunikasi, informasi, serta transportasi.

Memasuki pertengahan abad ke-20 laju dari globalisasi semakin pesat, dimulai dari menjamurnya telepon genggam atau handphone dengan segala fasilitasnya nya. Globalisasi sendiri bagi negara Indonesia begitu terasa sejak awal dilaksanakan pembangunan, Proses globalisasi yang berupa pemikiran atau sistem nilai kehidupan mulai diadopsi dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada di Indonesia itu sendiri.

globalisasi secara fisik dapat ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia, dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi, transportasi, perusahaan yang berskala internasional.

Contoh dari Globalisasi

  • Dalam Bidang Ekonomi

Jual beli online, terbukanya pasar bursa international, adanya impor ekspor, banyaknya supermarket, masuknya produk-produk dari luar negeri, dan masih banyak lainnya. (Baca : Segmentasi Pasar)

  • Bidang Sosial

Masyarakat semakin heterogen, timbulnya rasa egoisme diantara masyarakat, bahasa asing masuk dengan mudahnya, perempuan bekerja sudah menjadi hal yang lumrah.

  • Bidang IPTEK

Munculnya video call, dapat melihat suatu kejadian di mana pun secara langsung melalui televisi, internet, atau handphone, munculnya teknologi teknologi canggih yang memudahkan masyarakat seperti gadget.

Nah itu saja untuk artikel kita kali ini, semoga dapat membantu kalian semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *