6 Ciri Ayam Cemani
6 Ciri Ayam Cemani

6 Ciri Ayam Cemani

Diposting pada

Ciri Ayam CemaniSebagian dari kita mungkin tidak terlalu mengetahui bahwa ayam itu memiliki banyak jenis dan memiliki karakteristik yang berbeda satu dan yang lainnya.

Pernahkah kalian melihat atau bahkan mendengar tentang ayam cemani?

Ayam cemani memang memiliki keunikan tersendiri, ayam jenis ini seringkali dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis dikarenakan ciri ayam ini yang serba hitam, sehingga banyak orang yang memburu ayam ini untuk dijadikan sebagai syarat suatu ritual atau banyak juga dicari hanya untuk sekedar sebagai koleksi peliharaan.

Ayam cemani merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki karakteristik atau ciri tersendiri, untuk membedakan mana ayam cemani yang asli atau yang palsu maka ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh ayam cemani asli, diantaranya:

  • Ayam cemani ini memiliki warna tubuh yang hitam. Paruh dari ayam cemani pun berwarna hitam bahkan sejak ayam tersebut masih kecil. Warna paruh hanya akan memudar seiring bertambahnya usia sang ayam karena seringnya mematuk makanan dalam mencari makan.
  • Bulu yang dimiliki oleh ayam cemani tentunya juga berwarna hitam. Bulu aslinya akan berwarna hitam bila ayam tersebut bukan merupakan hasil persilangan jenis ayam lainnya. Bila merupakan ayam jenis hasil persilangan maka kemungkinan bulu warna hitamnya hanya sekitar 95% saja dari tubuh si ayam.
  • Kulit yang dimiliki oleh ayam cemani pun berwarna hitam. Jika anda menemui ayam yang dikatakan merupakan ayam cemani namun tidak memiliki kulit yang hitam, maka dapat dipastikan ayam tersebut merupakan ayam cemani palsu.
  • Kaki ayam cemani memang sebagian ada yang berwarna hitam namun ada pula kaki ayam cemani yang berwarna putih dan kuning layaknya seperti kaki ayam kampung. Meski berwarna hitam, kaki ayam cemani tidaklah berwarna hitam pekat.
  • Jengger pada ayam cemani aslinya memiliki warna yang hitam. Namun biasanya seiring bertambahnya usia si ayam, warna jengger ayam cemani akan berwarna merah pada bagian bawahnya.
  • Dubur ayam cemani asli akan berwarna hitam legam. Bila anda membeli ayam cemani, pastikan juga memeriksa hingga bagian duburnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *