Ulasan Tentang Cara Stek Pohon Asam Jawa yang Perlu Anda Ketahui!

Diposting pada

Cara Stek Pohon Asam Jawa – Pohon asam jawa merupakan salah satu pohon yang menghasil buah yang digunakan untuk sebagai bumbu masakan di dapur.

Nah, tidak hanya itu saja kini asam jawa menjadi tanaman utama dalam olahan produk permen asam atau bisa dikenal sebagai permen tamarind.

Tentu untuk memperbanyak secara alami perlu butuh waktu yang lama sehingga perlu dilakukan cara vegetatif yaitu dengan cara stek pohon asam jawa.

Terkadang banyak pula para pecinta tanaman bonsai memanfaatkan pohon asam untuk dijadikan sebagai daya kreatifitas tanaman berupa bonsai. Berikut beberapa ulasan mengenai cara menyetek pohon asam jawa.

Mempersiapkan dan memilih media tanam yang tepat

Pemilihan media tanam yang tepat dan sesuai sangat penting bagi Anda pikirkan karena stek pohon asam jawa yang dihasilkan menjadi unggul dan sehat.

Cara yang perlu Anda lakukan meliputi, mencampurkan sekaligus menyiapkan media tanam dengan pupuk kandang maupun organik lainnya, Anda bisa juga menggunakan cocopeat yang diberi sedikit cocofiber, pasir dan tanah basah dengan perbandingan yang dirunut yaitu, 1:1:1. Setelah itu, Anda perlu menggunakan polybag dan mengisinya dengan ukuran sepertiga bagian.

Menentukan dan mempersiapkan dahan pohon yang berkualitas

Menentukan dahan maupun batang yang sehat dan tidak mengalami kelainan akibat serangan serangga pada indukan yang berkualitas.

Pemilihan batang yang baik dapat dilihat dari beberapa kriteria meliputi, memilih pohon indukan yang memiliki kualitas baik pada buah maupun proses menghasilkan buah yang cepat, biasanya sudah memiliki umur lebih dari 5 tahun, menentukan dahanya yang memiliki proses menghasilkan buah cepat, memotong dengan gergaji, membersihkan hasil gergajian dan menghilangkan daun-daun untuk mengurangi penguapan dan membersihkan kulit pada dahan dengan jarak 5-7 centimeter.

Gunakan zat perangsang akar tanaman

Anda ingin mempercepat tumbuhnya akar? Apakah bisa? Bisa dilakukan apabila Anda memanfaatkan zat perangsang akar baik berupa pupuk maupun cairan tertentu.

Perangsang akar dapat dilakukan guna meningkatkan daya tumbuh akar pada tanaman, fungsi lainnya menjaga akar tanaman dari pengaruh bakteri maupun jamur.

Hasil stek hingga siap dilakukan penanaman

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu memindahkan stek pohon asam jawa yang telah memiliki akar ke media tanam. Sebelum dilakukan penanaman di lahan terbuka.

Baca Juga :

Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu, menancapkan hasil stek ke media penanaman dan usahakan agar akar tetap stabil sehingga tumbuh kembangya tidak terganggu. Meletakkannya jangan terkena matahari secara langsung.

Hal ini dilakukan selama tiga minggu lalu tanaman bisa dipindahkan ke lahan terbuka yang Anda inginkan. Itulah beberapa ulasan cara stek pohon asam jawa yang bisa Anda aplikasikan semoga produksi menjadi semakin berlimpah dan menguntungkan. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *