Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Anggur

Diposting pada

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman AnggurTanaman anggur adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Buah anggur terkenal kayaakan antioksidan, mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, serat dan kadar air tinggi, zat besi, mineral, fosfor dan lain – lainya.

Tanaman anggur sendiri termasuk tanaman yang mudah untuk di budi dayakan. Namun, dalam budi daya tanaman anggur, yang sering menjadi kendala adalah munculnya serangan hama dan penyakit pada tanaman anggur. Berikut ini adalah jenis – jenis hama dan penyakit pada tanaman anggur :

Hama pada Tanaman Anggur

  1. Lalat buah

Lalat buah menyerang tanaman anggur dengan menyerang buah dan memasukkan telurnya ke dalam buah anggur yang berakibat daging buah di makan oleh larva. Cara pengendalianya dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida berbahan Petrogenol sesuai dosis.

  1. Rayap

Rayap menyerang tanaman anggur dengan menggerogoti akar dan batang. Rayap dapat dikendalikan dengan penyemprotan insektisida atau nematisida.

  1. Kutu daun

Kutu daun menyerang tanaman anggur dengan menghisap cairan pada daun anggur sehingga daun akan mengerut dan layu karena kekurangan cairan. Kutu daun dapat dikendalikan dengan menyemprotkan insektisida sistemik.

  1. Ulat

Ulat menyerang daun dan buah tanaman anggur dengan membuat lubang – lubang kecil pada daun dan buah. Jika dibiarkan, dapat membuat buah membusuk dan daun menjadi layu. Ulat dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan atau penyemprotan insektisida.

Penyakit Tanaman Anggur

  1. Penyakit oleh Bakteri

Bakteri yang sering menyerang tanaman anggur adalah bakteri Pseudomonas sp. Gejala yang dapat diamati adalah daun pada tanaman anggur yang layu dan rontok, akar tanaman yang membusuk dan tanaman mulai mati. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan memotong daun yang terkena penyakit dan membuangnya jauh dari tanaman lainnya agar tidak terjadi penyebaran.

  1. Busuk Buah dan Pucuk

Penyakit ini disebabkan oleh lingkungan yang lembab dan kurang sinar matahari dan menyerang bagian buah dan pucuk. Pada buah lama-kelamaan akan membusuk dan jatuh, pucuk tanaman juga akan busuk dan mati. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan meletakkan tanaman Anggur pada kondisi yang tidak lembab dan cukup tanaman matahari, atau jika sudah parah bisa dilakukan penyemprotan fungisida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *