Cara Pembuatan Biogas

Diposting pada

Cara Pembuatan Biogas – Permasalahan energi hampir setiap tahun cenderung mengalami peningkatan pada negara – negara berkembang seperti Indonesia, dimana sekitar tahun 2008, Negara Indonesia sempat keluar dari anggota OPEC disebabkan karena kebutuhan akan impor bahan bakar minyak dalam kondisi melebihi kesanggupan nilai ekspor.

Faktor ketersediaan terhadap cadangan energi fosil yaitu dalam bentuk gas dan minyak yang jumlahnya terbatas adalah tidak sebanding dengan tingkat kebutuhan energi.

Meskipun tidak terlalu buruk bagi negara untuk tergantung dengan sumber energi berupa fosil namun perlu dipertimbangkan bahwa pada suatu hari nanti energi fosil akan habis, faktor inilah yang mendorong para Ilmuwan untuk menemukan dan mencari sumber energi alternatif baru guna sebagai media untuk menggantikan sumber energi fosil.

Baca Juga : Pengertian Gymnospermae

Salah satunya adalah dengan membuat ‘Biogas’. Biogas memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi terbaru dimana di dalamnya terdapat kandungan gas metana dalam jumlah besar dengan campuran nilai kalori yang tinggi akan menyebabkan gas metana mengandung satu jenis karbon pada masing – masing proses rantai yang menyebabkan pembakarannya menjadi bersifat lebih ramah lingkungan.

Tehnik Pembuatan Biogas Dari Kotoran Sapi

Secara garis besar Biogas dibuat dari kotoran sapi yang didapat melalui proses ‘dekomposisi anaerobik’ dengan mendapatkan bantuan dari ‘mikroorganisme’.

Proses pembuatannya adalah sebagian besar dari kotoran sapi dalam kondisi tertutup dari udara bebas guna memperoleh gas yang rata – rata merupakan gas metan yaitu gas yang bersifat mudah terbakar apalagi jika ditambah dengan karbondioksida maka gas inilah yang disebut dengan istilah Biogas.

Terdapat proses ‘fermentasi’ guna melakukan pembentukan Biogas agar bisa bekerja secara optimal yaitu membutuhkan suhu antara 30 s/d 55 derajat C sehingga mikroorganisme mampu melakukan fungsi dengan maksimal yaitu merombak bahan – bahan organik dimana hasil perombakan bahan tersebut yang dilakukan dengan bantuan bakteri akan menghasilkan gas metan.

Berikut di bawah ini adalah bagan yang memperlihatkan komposisi Biogas dalam berapa prosentase terdiri dari kotoran sapi dan campuran kotoran ternak lainnya dari sisa pertanian khusus menyediakan peralatan dan perlengkapan pembuatan Biogas kotoran sapi :

1). Bak untuk menampung sementara

Bak – bak yang dimaksud terbuat dari kotak berukuran 0,5 m x 0,5 m x 0,5 m yang bermanfaat sebagai wadah / tempat untuk mengencerkan kotoran – kotoran sapi.

2). ’Digester’

Yang dimaksud dengan Digester adalah bangunan utama yang terbuat dari ‘instalasi’ Biogas. Digester memiliki fungsi untuk memberi tampungan terhadap gas metan sebagai hasil perombakan bahan – bahan organik dibantu oleh bakteri. Jenis Disgester yang umum digunakan adalah dari model ‘continuous feeding’ dimana untuk mengisi bahan – bahan organik harus dilakukan secara kontinu setiap hari.

Ukuran Digester terhadap besar atau kecilnya tergantung kepada banyaknya bahan dari kotoran ternak yang dikumpulkan akan berpengaruh terhadap Biogas yang dihasilkan nantinya. Lahan yang dibutuhkan adalah kisaran berukuran 16 m2. Bahan – bahan lain yang disediakan antara lain adalah semen, pasir, batu kali, batu koral, bata merah, besi konstruksi, cat dan pipa prolon.

3). Plastik penampungan gas.

Wadah ini terbuat dari bahan – bahan plastik tebal yang memiliki bentuk tabung, bermanfaat untuk menampung gas metan yang dihasilkan dari Digester. Gas metan selanjutnya disalurkan ke kompor gas.

4). Kompos Gas.

Kompor gas memiliki fungsi sebagai media untuk membakar gas metan guna menghasilkan api. Nah api inilah yang dimanfaatkan untuk memasak dan keperluan rumah tangga lainnya.

5). Bak – bak penampungan kompos.

Bak – bak ini terbuat dengan cara menggali lobang berukuran sekitar 2 m x 3 m dengan kedalaman rata – rata 1 m sebagai fungsi untuk tempat menampung kompos yang dihasilkan oleh Digester.

Baca Juga : Manfaat Mentimun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *