Cara Memperbaiki Crawl Errors

Diposting pada

Cara Memperbaiki Crawl Errors – Crawl error atau page not found adalah ketika mesin pencarian tidak berhasil untuk mengakses suatu situs website.

Hal ini merupakan masalah umum yang sering terjadi serta tidak dapat dihindari, karena semakin semakin bertambahnya usia situs maka jumlah eror akan semakin banyak.

Secara tidak langsung masalah ini mempengaruhi kualitas SEO blog dan tingkat kepercayaan mesin pencari, karena crawl error mengindikasikan kesehatan suatu blog (terawat atau tidaknya suatu situs blog).

Umumnya, crawl error terjadi karena artikel yang sudah dipublish kemudian dihapus, sehingga ketika seseorang mengklik link artikel yang sudah dihapus tersebut maka mesin pencari google akan mengindeks link error dan halaman akan menampilkan tulisan crawl error 404 not found, artinya URL yang diminta tidak ditemukan. Jika crawl error terjadi pada kotak komentar biasanya disebabkan karena terdapat pengunjung yang meninggalkan link artikelnya di blog tersebut, sementara link artikel di blog tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya.

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi crawl error adalah dengan menggunakan webmaster tool. Webmaster tool berfungsi untuk menghapus kesalahan perayapan (crawl error) yang terjadi pada saat google melakukan crawling terhadap suatu blog agar tidak menghambat atau mengganggu mesin pencarian dalam proses crawling dan indeks suatu situs blog / website.

Crawling merupakan cara googlebot menemukan halaman yang diperbaharui dan akan menambahkannya ke indeks google.

Proses crawling dimulai dari daftar url halaman web berdasarkan proses crawling dan indeks yang telah dilakukan sebelumnya ditambah dengan sitemap data yang didapatkan dari webmaster. Kemudian, googlebot aan mendeteksi setiap link yang ada, perubahan dalam suatu link, hingga link yang mati dalam suatu situs dan dicatat untuk memperbaharui indeks google.

Sebelum memperbaiki crawl error menggunakan webmaster tools, disarankan mempunyai akun gmail terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki crawl error menggunakan webmaster tool, yaitu :

  1. Pertama, silahkan login ke halaman google webmaster tools.
  2. Kemudian, klik URL blog / website yang ingin dihapus eror kodenya atau ingin diperiksa.
  3. Pada bagian menu sebelah kiri dashboard silahkan pilih crawl, lalu klik crawl errors.
  4. Terdapat kotak kecil disebelah tulisan priority, silahkan klik
  5. Langkah selanjutnya, akan muncul menu pop-up dengan tampilan download dalam format CSV atau google doc. Lebih disarankan memilih google doc karena lebih praktis, efisien, dan efektif. Setelah itu, klik ok.
  6. Kemudian, silahkan kembali ke halaman google search console, klik menu google index, dan pilih remove urls.
  7. Terdapat kotak dengan tulisan temporarily hide dan akan muncul kolom untuk menuliskan url yang ingin dihapus.
  8. Copy url yang sudah di download, lalu paste pada kolom yang tersedia dan klik
  9. Pilih option remove page from search result and cache, lalu klik submit request.
  10. Setelah semua url berhasil dimasukan ke daftar remove url, silahkan kembali ke daftar crawl errors.
  11. Check list semua url dan klik tombol mark as fixed yang berwarna merah. Nanti akan muncul suatu pemberitahuan, lalu lanjutkan dengan klik ok.

Demikianlah cara mengatasi crawl error menggunakan google webmaster. Semoga dapat membantu memperbaiki masalah crawl error di situs website atau blog yang kamu miliki ya!

Baca Juga : Tahapan Komputer Booting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *