4 Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain Kur Terbaik
4 Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain Kur Terbaik

4 Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain Kur Terbaik

Diposting pada

Alternatif Pinjaman Modal Usaha Selain Kur – KUR atau juga merupakan Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu pinjaman modal usaha yang paling banyak diandalkan orang banyak orang.

Sayangnya, meminjam modal usaha melalui KUR terkadang memerlukan persyaratan yang terlalu banyak dan berat.

Akibatnya, banyak orang yang membutuhkan dana modal usaha namun ditolak oleh KUR. Saat hal ini terjadi, tak ada salahnya apabila Anda mengecek alternatif modal usaha selain KUR berikut ini.

  1. Kredit UMi atau Kredit Ultra Mikro

Kredit UMi atau Kredit Ultra Mikro merupakan pinjaman modal usaha yang diperuntukkan untu pengusaha yang sangat kecil lingkupnya, sesuai dengan namanya.

Jika lingkup modal usaha yang diperlukan lebih kecil dibandingkan dengan persyaratan dari KUR, maka Kredit UMi adalah alternatif yang cocok. Selain memberikan pinjaman, debitur dari Kredit UMi juga bisa mendapatkan pelatihan karakter wirausaha yang disiapkan oleh pemerintah.

  1. Pinjaman melalui Koperasi

Koperasi dibentuk dengan prinsip untuk menyejahterakan setiap anggotanya. Karena itulah koperasi juga menyediakan layanan pinjaman dana untuk anggotanya.

Pinjaman modal usaha bisa juga dilakukan melalui koperasi simpan pinjam. Dari segi bunga, besarnya juga tidak jauh berbeda dengan bunga pinjaman melalui KUR. Selain itu, persyaratannya juga bisa dibilang tergolong lebih mudah dan ringan.

  1. Kupedes BRI (Kredit Usaha Pedesaan Bank Rakyat Indonesia)

Kupedes atau Kredit Usaha Pedesaan merupakan program dari BRI untuk meminjamkan modal usaha bagi pengusaha skala kecil.

Program ini bisa dibilang cukup mirip dengan program KUR dari pemerintah. Selain untuk modal usaha, pinjaman dari Kupedes BRI juga bisa digunakan untuk keperluan yang bersifat konsumtif, asalkan peminjam tersebut memiliki usaha sendiri.

  1. Peer to Peer (P2P) Lending

Peer to peer atau P2P lending merupakan marketplace yang mempertemukan peminjam dana dengan penyedia dana pinjaman.

Adanya P2P lending ini kini telah cukup menjamur dan menjadi alternatif yang cukup populer bagi pemilik usaha yang membutuhkan modal usaha dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan P2P lending ini tanpa jaminan apapun. PIlihlah P2P lending yang memang telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Baca Juga : Cara Verifikasi Blog di Google Search Console

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *