Alasan Struktur Teks Sangat Penting Untuk SEO

Diposting pada

Alasan Struktur Teks Sangat Penting Untuk SEO – Secara garis besar yang dimaksud dengan teks berita adalah teks yang berisikan keterangan tentang segala hal kejadian yang sedang hangat – hangatnya diperbincangkan di dalam masyarakat. Unsur – unsur dalam berita terdiri atas 3 bagian yaitu sebagai berikut orientasi berita, peristiwa, dan sumber berita.

Teks berita merupakan teks yang berisikan hal – hal berhubungan dengan kejadian atau peristiwa yang terkait atau sedang terjadi di dunia.

Teks berita akan disiarkan / disebarkan melalui berbagai media misalnya seperti TV, radio, internet, atau media cetak seperti Koran dan majalah.

Dengan anda membaca sebuah berita maka anda akan dapat mengumpulkan informasi dan tentunya hal ini bisa menambah wawasan anda sehingga dapat berfikir kritis terhadap suatu kejadian.

Meskipun teks berita yang terdapat dalam beberapa media masa sifatnya berbeda dalm hal menginformasikan hal yang sama, kadang – kadang struktur teks penyajiannya juga berbeda – beda.

Ini tergantung dari kepada hal – hal apa saja yang lebih diutamakan, apabila dipentingkan dalam hal unsur maka biasanya struktus berita akan mendahulukan unsur bersangkutan.

Jika hal yang lebih dipentingkan adalah unsur kapan dan dimana maka unsur kapan / waktu dan dimana / tempat yang didahulukan.

Struktus Teks Berita

Seperti dijelaskan tersebut di atas, teks berita terdapat 3 struktus yang penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Orientasi berita

Struktus yang partama ini adalah orientasi berita. Pada bagian ini merupakan bagian pengenalan tentang suatu masalah atau hal – hal apa saja yang akan dibahas di dalam berita.

2. Peristiwa

Struktur yang kedua berisikan tentang inti permasalahan mengenai kejadian – kejadian yang terdapat pada suatu peristiwa atau hal – hal yang ingin dibahas secara detail dan berurutan. Bagian ini menjelaskan tentang jalannya kejadian dari awal hingga akhir.

3. Sumber

Pada bagian ini berisikan tentang sumber didapatnya berita / informasi. Pada umumnya terletak di bagian awal berita atau akhir berita.

Unsur – Unsur Teks Berita

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa unsur berita adalah sebuah keharusan, dimana apabila unsur ini tidak ada maka berita – berita bersangkutan akan menjadi membingungkan dan tidak bisa diterima dalam suatu masyarakat secara sederhana dan mudah untuk dimengerti. Unsur – unsur berita yang dimaksud adalah 5W dan 1H yaitu apa (‘what’), dimana (‘where’), kapan (‘when’), siapa (‘who’), dan mengapa (‘why’). Terakhit adalah bagaimana (‘how’).

Jenis – Jenis Teks Berita

Adapun jenis – jenis atau macam – macam berita dibagi berdasarkan atas isi / konten ataupun tema dari berita. Penjelasannya bisa anda baca dengan singkat tersebut di bawah ini :

1. ’Straight news’ atau berita secara langsung

Pada bagian ini jenis berita yang umum ditulis adalah secara ‘to the point’ yaitu lugas, jelas, dan ringkas serta berisikan informasi – informasi tentang peristiwa terbaru atau terkini (‘aktual’), terhangat, dan juga menarik. Jenis seperti ini terdapat pada halaman depan sebuah Koran. Terbagi ke dalam 2 macam yakni : ‘hard news’ adalah berisikan berita yang sangat penting, terupdate, ataupun terbaru / actual harus segera disampaikan kepada masyarakat bersangkutan. Yang kedua adalah ‘soft news’ merupakan berita ringan / lunak yang biasanya memberikan informasi mengenai kisah – kisah kemanusiaan.

2. ’Opinian News’ atau berita opini

Jenis berita yang satu ini merupakan berita pendapat yang berisikan tentang laporan sudut pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide, pemikiran ataupun komentar – komentar terhadap suatu permasalahan yang dianggap penting. Berita jenis ini pada umumnya bersumber dari pendapat para ahli, profesor, cendekiawan atau pejabat.

3. ’Interpretative News’

Jenis berita ini adalah merupakan perkembangan dari straight news. Maksudnya adalah dengan menambah informasi, latarbelakang, wawancara dari berbagai sumber berita, serta menambah data – data terkait sehingga menjadikan berita bersangkutan utuh, lebih detail dan lebih lengkap.

4. ’Depth News’ atau berita mendalam

Jenis ini adalah berita yang dikembangkan lebih lanjut dengan pendalaman mengenai hal – hal yang ada di bawah suatu permukaan bidang tertentu. Lebih banyak ditekankan ke pertanyaan – pertanyaan seperti mengapa, bagaimana dan apa ?

5. ’Investigation News’

Jenis ini adalah berita – berita yang dikembangkan berdasarkan sebuah penyelidikan atau penelitian dari berbagai sumber yang tersedia.

Perlu juga anda mengetahui ciri / karakteristik teks berita adalah sebagai berikut : naskah berita harus ditulis dengan gaya bahasa yang dengan mudah bisa dimengerti oleh masyarakat, menggunakan bahasa baku, memuat unsur 5W – 1H, informasi yang dibagikan berupa berita harus mengandung opini penulisnya, gaya bahasa banyak mengandung istilah – istilah asing, naskah berita berisikan peristiwa dengan data yang secukupnya dan berita – berita tentang kabar angin wajib dikumpukan dari berbagai sumber yang ada.

Adapun syarat sebuah teks berita adalah mencakup tentang fakta, aktual, keseimbangan, lengkap, menarik dan sistematis. Pendapat lainnya yang dikemukakan oleh Faqih (2003 : 37 – 39) tentang persyaratan berita adalah dalam hal terkait dengan jurnalistik adalah tidak semua kejadian atau fakta dapat dikatakan sebagai sumber berita, adapun fakta – fakta tersebut akan memiliki nilai layak berita jika memenuhi syarat – syarat sebagai berikut : penting, besar, berhubungan dengan waktu, kedekatan, terkenal, dan manusiawi.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Djuraid (2006 : 15-16) bahwa sebuah berita haruslah memperhatikan syarat – syarat tertentu apakah fakta tersebut layak untuk dijadikan berita atau tidak. Syarat – syarat tersebut antara lain adalah sebagai berikut berhubungan dengan : aktual, kedekatan, penting, luar biasa, tokoh, ‘eksklusif’, ketegangan, konflik, ‘human interest’, seks, ‘progresif’, ‘trend’, dan humor.

Baca Juga :

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Berita

Beberapa pakar menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis sebuah berita antara lain adalah sebagai berikut : tulisan berita harus mampu menyentuh kebutuhan manusia terhadap informasi, berita yang ditulis harus aktual sehingga tidak menjadi berita basi, penulisan berita untuk Koran harus cepat dan singkat tetapi kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan, tulisan berita harus mampu menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diajukan, dan tulisan berita yang berkelanjutan tentang suatu hal, pada bagian akhir berita wajib diungkapkan lagi tentang latarbelakang peristiwanya.

Aspek _ Aspek Yang Dinilai Dalam Menulis Berita

Erat kaitannya dengan pembelajaran menulis suatu teks berita maka ada beberapa aspek yang digunakan dalam penilaian diantaranya adalah aspek – aspek kesesuaian judul, aspek kelengkapan unsur, keruntutan, kalimat efektif, pilihan kata / ‘diksi’, ketepatan ejaan dan tanda baca, dan tampilan tulisan.

Demikianlah Tutorial SEO yang kami ulas dengan singkat yang mencakup pengertian, struktur, unsur – unsur, jenis – jenis, ciri dan lain sebagainya berhubungan sebagai bagian dari penjelasan mengapa alasan struktur teks sangat penting untuk SEO. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *