8 MANFAAT BUAH DELIMA

Diposting pada

MANFAAT BUAH DELIMABuah delima dipercaya oleh orang Yunani Kuno berasal dari darah orang mati dan dibentuk dari darah Adonis yang merupaan dewa keinginan dan kecantikan.

Buah ini diklasifikasikan sebagai buah beri, dimana buah ini berbunga dari mulai musim semi dan akan matang sekitar 6 hingga 7 bulan. Buah dengan mahkota ini mempunyai biji yang sekilas seperti permata merona karena memiliki kilau merah yang unik. Satu cangkir biji buah delima mengandung 7 gram serat, 3 gram protein, 24 gram gula, dan 144 kalori.

Dalam satu buah delima biasanya terdapat lebih dari 600 biji buah. Umumnya orang-orang mengkonsumsi biji buah delima karena banyak mengandung air dan juga bergizi tanpa memakan bagian putih disekitar biji karena terasa pahit. Biji buah ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan minyak biji delima dengan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

  1. Memperlambat penuaan dan mengatasi masalah kulit

Buah delima memiliki senyawa polifenol yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan dini. Senyawa tersebut akan memproduksi zat aktif yang membantu regenasi kulit serta memperbaiki kerusakan yang ada pada kulit.

Antioksidan dalam biji buah delima juga dapat mengatasi masalah peradangan pada wajah serta masalah jerawat, meyembuhkan eksim dan psoriasis, meningkatkan kemampuan kulit dari paparan sinar matahari, menghambat peradangan sel mast (sejenis sel darah putih), dan membantu mengobati rosacea. Buah delima juga berfungsi untuk mengobati infeksi pada kulit dan melawan bakteri-bakteri atau pun jamur penyebab infeksi.

  1. Produk perawatan wajah secara alami

Biji buah delima jika dicampurkan dengan bentonite atau aztec clay dapat membuat kulit wajah tampak lebih sehat. Selain itu, jika biji delima dicampurkan dengan cuka apel dapat bermanfaat sebagai toner untuk wajah. Biji buah delima juga berfungsi sebagai eksfoliator, yaitu membersihkan kotoran dalam kulit.

Ramuan biji buah delima jika dicampurkan dengan minyak jojoba, castor, kelapa, alpulat, wijen, dan zaitun akan berfungsi sebagai minyak pembersih wajah yang ampuh.

  1. Mencegah dan menghambat sel-sel kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan untuk manusia. Untuk mencegah penyakit tersebut, kita dapat mengkonsumsi biji buah delima. Biji buah delima dapat mencegah tumor dan juga dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker paru.

Kandungan antioksidan di dalam buah delima bermanfaat untuk melawan radikal bebas, memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicuĀ  sel kanker. Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan membuat sel kanker tersebut mati.

  1. Bersifat anti inflamasi

Buah delima memiliki sifat anti inflamasi yang secara teratur dapat menurunkan resiko terhadap terjadinya penyakit alzheimer, jantung, kegemukan, dan diabetes tipe 2. Jus buah delima mampu mengurangi akumulasi amyloid di hippocampus hingga 50% yang berfungsi untuk membuat kondisi pasien alzheimer menjadi lebih baik. Sementara itu, terdapat penelitian yang membuktikan bahwa minyak biji delima yang dikonsumsi sebanyak 800 mg per hari dapat meurunkan trigliserida secara signifikan dan meningkatkan trigliseridaHDL.

Buah delima juga bermanfaat untuk jantung karena kandungan polifenol yang bersifat anti oksidan dapat mencegah terjadinnya kerusakan akibat radikal bebas pada dinding arteri, menjaga kadar kolestrol, menurunkan gejala iskemia akibat penyimpetan pembuluh darah di jantung, mengontrol tekanan darah, mencegah sumbatan pada pembuluh darah, dan mengurangi resiko jantung koroner.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Peradangan yang terjadi di dalam usus serta masalah-masalah yang terjadi terkait dengan sistem pencernaan dapat diatasi dengan jus buah delima. Buah delima dapat mengatasi penyakit crohn, kolitis ulseratif, dan penyakit radang usus lainnya.

Selain dapat mengatasi masalah peradangan usus, buah delima juga membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Mengkonsumsi satu buah delima setiap hari dapat memenuhi kebutuhan 45% asupan serat harian.

  1. Mengurangi dan melawan resiko radang sendi

Suatu penelitian mengatakan bahwa ekstrak buah delima mengandung senyawa yang dapat melawan kerusakan sendiri pada orang yang menderita osteoarthritis. Penelitian yang dilakukan tersebut juga menjelaskan bahwa buah delima dapat memblokir enzim yang mampu merusak sendi pada penderita osteoarthritis. Ekstrak dari buah delima juga telah terbukti dapat meredakan radang sendi pada tikus, walaupun bukti penelitian tersebut masih sangat terbatas dengan objek manusia.

  1. Meningkatkan sistem imun dan libido

Kandungan vitamin C dalamĀ  buah delima dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari infeksi. buah ini juga kaya akan anti inflamasi, sehingga menyehatkan untuk mereka yang mengalami gangguan sistem imun tubuh, seperti rheumatoid ataupun osteoarthritis. Tidak hanya itu, buah delima juga bermanfaat sebagai peningkat gairah seksual. Penelitian dari Queen Margaret University menjelaskan bahwa satu gelas jus buah delima dapat meningkatan kadar testosteron pada pria maupun wanita. Itulah sebabnya buah delima digunakan sebagai simbol kesuburan sejak dahulu.

  1. Mengurangi stres dan meningkatkan daya ingat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Queen Margaret University, kadar kortisol dalam buah delima telah diteliti dapat mengurangi tingkat stres. Tidak hanya itu, mengkonsumsi satu gelas jus buah delima setiap hari juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini didukung dengan adanya sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi 2 gram ekstrak buah delima dapat mencegah penurunan memori pasca operasi. Penelitian lain juga mengatakan bahwa mengkonsumsi 8 ons buah delima per hari secara signifikan meningkatkan memori verbal serta visual.

Beragam manfaat yang diberikan oleh buah delima tentunya membuat kamu semakin ingin mencoba buah ini dan merasakan manfaatnya secara nyata. Walaupun tidak terdapat dosis yang dianjurkan dalam mengkonsumsi buah ini, ada baiknya kamu mengkonsumsi buah delima sebanyak 1,5-2 cangkir biji buah delima setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *