Sistem Reproduksi Laki-Laki

Diposting pada

Sistem Reproduksi Laki-Laki – Dengar kata sistem reproduksi, jadi ingat waktu pelajaran IPA , pasti yang cowok pada sorak dan yang cewek pada nyiyir dan sebagian diam. Ingatkah kamu tentang apa itu sistem reproduksi?

Sistem Reproduksi Laki-Laki
Sistem Reproduksi Laki-Laki

Reproduksi, kata ini tidak jauh dari masalah keturunan, enzim,hormon, gen,  dll.  Jadi reproduksi adalah  suatu proses dimana materi genetis diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya sehingga keadaan suatu spesies dapat bertahan.

Kali ini yang akan saya ulas adalah tentang sistem reproduksi laki-laki.

Anatomi  reproduksi Pria

Organ Dalam

  1. Teste adalah kelenjar kelamin jantan pada hewan dan manusia. Testis berjumlah sepasang
  2. Epididimis adalah tempat penyimpanan sementara sperma sampai sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens
  3. Vas deferens atau saluran sperma (duktus deferens) merupakan saluran lurus yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan dari epididmis.berfungsi sebagai saluran tempat berjalnnya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau kantung mani (vesikula seminalis )
  4. Prostat atau kelenjar prostat (penghasil cairan basa untuk melindungi sperma ) kelenjar prostat melingkari bagian atas uretra dan terletak di bagian bawah kantung kemih.
  5. Vesica seminalis ( tempat penampungan sperma ) merupakan kelenjar berlekuk-lekuk yang terletak di belakang kantung kemih. Dinding vesikula seminalis menghasilkan zat makanan yang merupakan sumber makanan bagi sperma.
  6. Kelenjar bulbouretra/ cowper (penghasil lender untuk melumasi saluran sperma ) adalah sepasang kelenjar kecil yang terletak disepanjang uretra, dibawah prostat. Kelenjar cowper menghasilkan getah yang bersifat alkali

Organ Luar

  1. Penis ( dari bahas latin yang artinya “ekor”, akar katanya sama dengan phallus, yang berate alat kelamin jantan. Fungsi penis secara biologi adalah sebagai alat pembuangan sisa metabolism berwujud cairan (urinasi) dan sebagai alat bantu reproduksi
  2. Skrotrum adalah kantung (terdiri dari kulit dan otot ) yang membungkus testis atau buah zakar. Skrotum terletak di antara penis dan anus serta di depan perineum.

Hormon pada laki-laki antara lain :

  1. Testosteron : hormone untuk pembentukan sperma
  2. LH (Luteinizing Hormone ) berfungsi menstimulasi sel-sel Leydig untuk mensekresi testosterone
  3. FSH (Follicle Stimulating Hormone) berfungsi menstimulasi sel-sel sertoli
  4. Estrogen berfungsi untuk pematangan sperma
  5. Hormone pertumbuhan berfungsi mengatur metabolism testis dan secara khusus meningkatkan pembelahan awal pada spermatogenesis.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Padi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *