Ruang Lingkup dan Permasalahan Biologi

Diposting pada

Ruang Lingkup dan Permasalahan Biologi – Biologi sebagai ilmu hayat yang juga berarti mempelajari segala permasalahanberkaitan dengan makhluk hidup.

Biologi mempelajari keterkaitan interaksi antara satu makhluk hidup dengan satu makhluk hidup lain beserta interaksinya dengan lingkungan.

Mempelajari biologi menghasilkan berbagai macam manfaat dalam bidang kesehatan, pertanian maupun industri.

Objek kajian biologi yang beragam dan memiliki berbagai macam karakteristik membuat berbagai cabang pada ilmu biologi makin menarik untuk dipelajari.

Beberapa karakteristik dasar yang dipelajari dalam ilmu biologi dimulai dari makhluk hidup yang tersusun dari sel dan dari sel ini akan terjadi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup.

Dari proses pertumbuhan dan perkembangan, terjadilah proses metabolisme yang terjadi secara terus menerus hingga makhluk hidup mencapai keadaan homeostatis yang seimbang dan konstan di dalam tubuh makhluk hidup. Selain itu makhluk hidup juga memberikan respon terhadap rangsang dari lingkungannya.

Makhluk hidup juga melakukan reproduksi atau berkembangbiak yang memungkinkan makhluk hidup untuk mempertahankan keturunannya.

Dan untuk menjawab segala permasalahan serta perubahan lingkungan, maka makhluk hidup selalu mampu beradaptasi.

Dari berbagai karakteristik makhluk hidup tersebut, maka bisa diketahui bahwa ruang lingkup kajian biologi tentu sangat luas meliputi konsep serta sejarah bagaimana biologi bisa terbentuk menjadi suatu ilmu yang dikaji.

Objek kajian biologi yang meliputi makhluk hidup dibagi kedalam 5 kingdom yaitu monera, protista, fungi, plantae, dan animalia.

Selain objek biologi, ruang lingkup ilmu biologi juga termasuk pada struktur dan organisasi kehidupan yang terdiri dari dua jenis yaitu organisme uniseluler dan multiseluler dan ruang lingkup yang terakhir adalah tentang tema permasalahan dalam biologi yang meliputi biologi sebagai ilmu pengetahuan, evolusi, keanekaragaman makhluk hidup serta genetika, dan tema lain adalah tentang organisme dan lingkungannya serta beberapa fungsi berbagai makhluk hidup yang ada di belahan bumi.

Dari ruang lingkup yang dikaji pada ilmu biologi, dapat diketahui beberapa permasalahan yang dipelajari pada ilmu biologi adalah mengenai bagaimana ilmu biologi bisa menjadi ilmu yang dikaji melalui penelitian, kemudian permasalahan evolusi yaitu perkembangan makhluk hidup sepanjang hidup.

Permasalahan lain yang dibahas pada ilmu biologi adalah mengenai keanekaragaman makhluk serta bagaimana makhluk hidup berusaha mempertahankan dan mewariskan sifat ke keturunannya melalui proses genetika.

Biologi juga mempelajari mengenai permasalahan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan agar tercapai keseimbangan ekosistem.

Baca Juga : Cara Ternak Kelinci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *