Proses Makan Bajamba, Jam Gadang Bukittinggi, Disesaki Ribuan Pengunjung

Diposting pada

Proses Makan Bajamba, Jam Gadang Bukittinggi, Disesaki Ribuan Pengunjung – Keinginan yang cukup menonjol dari Walikota H. Ramlan Nurmatias, SH. untuk menciptakan sebuah momen menyerupai pesta rakyat di Bukittingga ini diharapkan mampu membawa kemeriahan terhadap proses makan bajamba dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota kepada seluruh masyarakat Jam Gadang agar terwujud dengan rapid an berjalan sesuai aturan. Hal itu terbukti dari adanya ribuan masyarakat yang memadati pelataran Jam Gadang untuk turut serta menikmati parade dan mencicipi aneka sajian menarik khas Nusantara dari hidangan jamba, pekan akad.

Tepat pukul 09.30 WIB dimulai dengan acara arak – arakan manjujuang jamba dari 24 kelurahan yang dilepas secara langsung oleh Wakil Walikota H. Irwandi, SH., dari Lapangan Wirabraja. Dan disambut Walikota H. Ramlan Nurmatias di pelataran Jam Gadang. Peserta yang antusias adalah kaula muda tersebut terdiri dari lebih 300 jamba dihidang pada acara yang turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekdako Yuen Karnova, SE., mantan walikota Drs. H. Djufri dan Ismet Amzis, SH., niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, Kepala BUMN, SKPD dan undangan lainnya (dari berbagai sumber).

Tidak hanya diramaikan oleh warga kota, prosesi juga menjadi salah satu daya tarik atau magnet bagi para wisatawan asing untuk turut makan bersama hidangan jamba yang telah disediakan oleh mereka. Beberapa wisatawan mancanegara tersebut terlihat turut menyantap kuliner khas kurai yang dihidangkan dengan unik dan tata cara yang khas daerah setempat yang rata – rata bercita rasa pedas khas daerah Bukittinggi.

Pada sambutannya di atas sebuah panggung pertunjukan hiburan rakyat, Wako Ramlan mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan alek nagari makan bajamba ini diharapkan di masa depan acara – acara seperti ini akan lebih besar dan menjadi kalender event tetap terhadap wisata Sumatera Barat. Yang terpenting adalah mengususng tema suka menikmati sajian Nusantara yang dihadiri oleh wisatawan baik itu dari lokal ataupun mancanegara.

Menurut Ramlan selanjutnya, hari jadi Kota Bukittinggi tersebut memiliki kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi, bukan hanya segelintir orang saja. Prosesi makan bajamba yang saat ini diselenggarakan untuk kelima kalinya ini sukses berubah menjadi konsep out door. Begitu juga dengan rangkaian acara peringatan HJK yang lainnya sama meriah.

“ Bukittinggi milik kita bersama, untuk itu mari kita bangun kebersamaan untuk membangun kota yang kita cintai ini, ” ajak Ramlan.

Dikatakan Ramlan bahwa makan bajamba adalah salah satu budaya Nagari Minangkabau yang akan terus menjadi agenda rutin tahunan kota pariwisata Bukittinggi dimana makan Bajamba ala Ranah Minang ini harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

“ Kita sengaja menampilkan kebudayaan makan bajamba ini di pelataran Jam gadang. Kita sekalian mengekspos kepada pengunjung kota bahwa inilah kebiasaan yang beradat ditampilkan orang Kurai. Ini disediakan oleh Bundo Kanduang dari 24 kelurahan. Ada ratusan jamba yang disediakan. Kita sangat bangga, dan sangat mensyukuri bisa bersama – sama dengan warga kota merayakan ulang tahun kota ini. ” ungkapnya.

Selamat menikmati !

Baca Juga : Pengertian Reputasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *