Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Diposting pada

Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi – Proses karbohidrat dipecah menjadi energi termasuk ke dalam metabolisme karbohidrat. Proses kimia pengolahan karbohidrat atau pemecahan karbohidrat menjadi energi tergolong ke dalam reaksi pemecahan atau disebut juga dengan istilah katabolisme.

Karbohidrat diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi utama. Karbohidrat ini bisa ditemukan di berbagai jenis makanan.

Namun, sumber utama dari karbohidrat yaitu makanan pokok seperti nasi, kentang, ubi, dan lain-lain. Makanan yang mengandung karbohidrat akan dipecah ke dalam bentuk yang lebih sederhana di sistem pencernaan, termasuk di mulut, lambung, dan usus.

Karbohidrat yang paling sederhana disebut juga dengan istilah monosakarida. Monosakarida ini nantinya diserap dalam aliran darah tubuh.

Biasanya, karbohidrat yang paling cepat dicerna menjadi glukosa atau gula darah yaitu gula dengan waktu kurang dari 15 menit. Sedangkan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 15 hingga 30 menit.

Karbohidrat bisa dipecah menjadi energi karena adanya pengolahan dalam sistem pencernaan tubuh. Setelah makan makanan yang mengandung karbohidrat biasanya kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Hal ini akan membuat tubuh mengirim sinyal secara otomatis ke kelenjar pankreas untuk bisa memproduksi hormon insulin.

Hormon insulin yang telah diproduksi ini akan masuk ke dalam pembuluh darah untuk memberikan sinyal ke sel-sel dalam tubuh bahwa glukosa sebagai sumber energi utama sudah tersedia. Setelah itu, hormon insulin ini akan membukakan jalur agar glukosa yang terdapat dalam darah biasa masuk ke dalam sel untuk bisa diubah menjadi energi.

Dalam prosesnya, tidak semua glukosa akan langsung diubah menjadi energi. Beberapa glukosa akan disimpan sebagai cadangan energi oleh sel dalam otot dan hati. Cadangan energi ini akan digunakan saat tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh atau saat tubuh mengalami kekurangan energi.

Setiap aktivitas sel atau gerakan tubuh memerlukan energi yang berasal dari glukosa yang telah diproses menjadi energi oleh sel otot.

Demikian penjelasan mengenai proses karbohidrat dipecah menjadi energi. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga : Perbedaan DNA Dan RNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *