Penyakit Tanaman Bayam

Diposting pada

Penyakit Tanaman Bayam – Pengertian sayuran adalah salah satu makanan yang wajib ada bagi masing – masing orang guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di dalam melakukan kegiatan sehari – hari.

Sayuran diketahui banyak mengandung khasiat, salah satunya adalah sayur Bayam. Dengan anda rutin mengonsumsi sayur Bayam maka anda bisa mencegah munculnya berbagai jenis penyakit ringan dan ganas seperti Diabetes, Jantung, Stroke, dan Kanker. Ini disebabkan karena sayur Bayam mengandung zat ‘folic acid’ yang berfungsi sebagai media dalam membangun jaringan otot, peningkatan jumlah sel, dan pembentukan ‘hemoglobin’.

Meskipun sayur Bayam diketahui banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, sayangnya proses menumbuhkan tanaman Bayam tidaklah mudah. Para Petani sayur harus mengetahui bagaimana cara mengatasi serangan hama dan penyakit yang suka menyerang secara tiba – tiba tunas – tunas baru dari tanaman ini.  Pada beberapa kasus tak jarang para Petani sayur mengalami gagal panen karena tanaman Bayam terkena serangan maut dari hama penyakit yang bersarang di sekitarnya.

Baca Juga : Pengertian Gymnospermae

Untuk berbagi informasi, di bawah ini kami berikan contoh – contoh hama penyakit pada tanaman Bayam adalah sebagai berikut :

1. Ulat Daun

Adalah hama penyakit yang paling sering menyerang tanaman Bayam. Ulat Daun suka memakan daun Bayam muda berukuran lebar dan akan meninggalkan bekas gigitan berupa lubang – lubang di sekitar lembar – lembar daun.

Perlindungan terhadap hama penyakit ini adalah cukup mudah dengan cara menggoyang – goyangkan tanaman atau menyemprotkan air hingga ulat – ulat daun berjatuhan. Pemakaian Pestisida tidak disarankan karena justru akan memberikan dampak lebih buruk kepada konsumen.

2. Siput

Hama penyakit ini tergolong jarang menyerang tanaman Bayam. Namun dalam beberapa kasus Siput tergolong ke dalam hama penyakit yang suka memakan dedaunan dari tanaman Bayam sehingga menyebabkan Bayam menjadi tumbuh tak sehat yaitu terjadi penurunan kualitas daun.

Cara mengatasi adalah dengan melakukan penyiraman rutin yaitu pertama ketika fajar, dan kedua menjelang pertengahan hari. Apabila diperlukan maka bisa menambahkan ‘pellet besi fosfat’ sebagai media untuk menjebak agar hama penyakit bersangkutan terbunuh.

3. Lalat

Hama penyakit yang satu ini suka mengganggu tanaman sayuran Petani yang menyebabkan daun sayuran menjadi rusak, berlubang dan akhirnya menjadi layu.

Lalat sulit untuk diusir tidak seperti Ulat Daun hanya menggoyang – goyangkan tanaman saja maka Ulat Daun akan berjatuhan ke tanah dan lemas.

Ada cara tradisional yang bisa dimanfaatkan guna mengusir Lalat – Lalat bersangkutan antara lain dengan menggantungkan plastik bersih berisikan air di sekitar tanaman. Secara tak sengaja atau melalui bantuan angin, Lalat akan masuk ke dalam perangkap plastik.

4. Kutu Daun

Sangat sulit untuk melihat Kutu Daun karena memiliki ukuran tubuh sangat kecil. Kutu Daun akan menyerap cairan dari daun Bayam sehingga daun menjadi terlihat layu dan tidak sehat.

Apabila kondisi sudah sangat parah maka daun akan melengkung lalu berpilin bahkan pada beberapa kasus akan mengalami kerontokan dan pertumbuhan Bayam menjadi sangat lambat.

Hama penyakit ini dapat diatasi dengan cara rutin menyiram atau menyemprotkan air ke seluruh bagian tanaman pada waktu pagi atau sore atau bila dianggap perlu, asal jangan terlalu berlebihan.

Selain empat hama penyakit tersebut di atas yang sering menyerang tanaman Bayam dan menyebabkan kematian jika tidak segera dicegah atau diobati, ada beberapa penyakit lainnya juga rentan menyerang tanaman Bayam antara lain : kondisi tanaman Bayam kekurangan zat Mangan / Mn, serangan Jamur Downy Mildew, terkena penyakit Spinach Blight, dan penyakit Noda Daun.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang penyakit tanaman Bayam, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Cara Pembuatan Biogas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *