Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Peta

Diposting pada

Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Peta –Yang dimaksud dengan Peta adalah sebuah gambaran yang bersifat konvensional tentang permukaan bumi yang ukurannya diperkecil seperti penampakan yang terlihat melalui atas bumi.

Yang dimaksud dengan Atlas adalah kumpulan dari Peta – Peta yang masing – masing mempunyai tema serupa.

Yang dimaksud dengan Globe adalah sebuah tiruan dari bola Bumi yang memiliki bentuk kecil.

Kembali lagi ke Peta merupakan salah satu penampakan yang diwujudkan ke dalam seni lukisan yang menggambarkan objek pada sebuah bidang datar khusus memuat kondisi permukaan Bumi yang datar lalu diperkecil dengan memakai skala tertentu dengan dilengkapi simbol – simbol tertentu agar terlihat semakin jelas.

Atau Peta mengandung makna sebagai gambaran tentang 2 dimensi terhadap bidang datar dimana sebagian maupun keseluruhan dari permukaan Bumi akan diproyeksikan dengan memakai perbandingan atau skala tertantu.

Pengertian Peta Menurut Pendapat Dari Para Ahli

  1.  Menurut Klas (1983), yang dimaksud dengan Peta adalah tehnik penyajian grafis berupa bentuk ruang yang terhubung keruangan diantara beragam perwujudan yang diwakili.
  2. Menurut ICA / ‘International Cartographic Association’ menjelaskan bahwa Peta adalah unsur – unsur dari ketampakan yang bersifat abstrak dari permukaan bumi yang dipresentasikan secara ulang terhadap sebuah bidang datar dengan memanfaatkan skala untuk memperkecil ukuran.
  3. Menurut Aryono Prihandito (1988) menjelaskan bahwa Peta adalah sebuah bidang datar yang diberi gambar permukaan Bumi dimana penggambarannya memanfaatkan skala tertentu dengan menerapkan sistem proyeksi tertentu pula.
  4. Menurut pendapat Erwin Raisz (1948) menjelaskan bahwa Peta adalah gambaran yang bersifat konvensional terhadap bidang datar mengenai ketampakan pada muka Bumi apabila dilihat secara vertikal dari atas dengan mengaplikasikan ukuran yang diperkecil lalu diberi tambahan tulisan – tulisan yang berguna untuk memperjelas bagi orang awam.
  5. Menurut Badan Koordinasi Survei & Pemetaan Nasional / Bakosurtanal menjelaskan bahwa Peta adalah sebuah media yang bermanfaat untuk penyimpanan terhadap sumber informasi yang khusus menyajikan data untuk sekelompok perencana dan pengambil keputusan guna melakukan pembangunan tentang kondisi lingkungan tertentu yang dimaksud.

Pengertian Peta Berdasarkan Atas Sumber Data

Berdasarkan atas sumber data maka Peta dapat dibagi ke dalam kelompok sebagai berikut :

1. Peta Induk / ‘Basic Map’

Adalah Peta yang dihasilkan berdasarkan atas hasil survei lapangan yang dilakukan secara langsung. Peta jenis ini digunakan sebagai media untuk menciptakan Peta – Peta lainnya contohnya adalah Peta Topografi dan sebagainya. Maka dari itu Peta ini diberi julukan ‘Basic Map’.

2. Peta Turunan / ‘Derived Map’

Dibuat berdasarkan atas acuan pada Peta – Peta yang sebelumnya sudah tersedia. Peta ini hanya memiliki fungsi untuk memindahkan data – data yang diperoleh melalui survei lapangan yang berhubungan dengan pembuatan Basic Map atau Peta Induk. Maka dari itu Peta ini tidak dapat lagi dijadikan sebagai Peta Dasar.

Tujuan Peta

  1. Untuk menggambarkan tentang kenampakan terhadap sebuah wilayah.
  2. Untuk memberikan tentang informasi penting terhadap sebuah wilayah.
  3. Untuk memberikan analisa data spasial yang didasarkan atas persebaran bentang alam.
  4. Untuk pembuatan desain jalan dan melakukan perencanaan pembangunan.

Fungsi Peta

  1. Untuk memberikan fungsi – fungsi tertentu.
  2. Memberi petunjuk tentang posisi.
  3. Untuk menentukan jarak pada dua tempat.
  4. Untuk memperlihatkan tentang bentuk muka Bumi.
  5. Sebagai media informasi geografis.
  6. Memberikan banyak manfaat dari berbagai sisi dan faktor.
  7. Sebagai sumber data guna perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian Peta : tujuan, dan fungsi Peta, semoga dapat menambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *