Pengertian Sintetis Protein

Diposting pada

Pengertian Sintetis Protein – Diantara kalian, pasti sangat asing dengan Sintetis Protein. Meski tidak sedikit yang juga memahami dan mengerti tentang Sintetis Protein. Pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang Sintetis Protein.

Secara harfiah, Sintetis Protein adalah proses dimana sel-sel individu disusun membentuk protein. Istilah ini dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita saat menjalankan kelangsungan hidup yakni pada saat makan.

Saat makanan telah dimakan, tentunya langsung dicerna oleh sistem pencernaan yang kemudian diolah menjadi energi didalam tubuh setiap manusia. Proses pencernaan itulah terdapat istilah sintetis protein.

Proses dan tahapan-tahapan sintetis protein

Dibawah ini merupakan beberapa proses dan tahapan-tahapan dalam mensintesa protein di dalam tubuh makhluk hidup yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Replika DNA

Setiap sel tentu saja akan mengalami pembelahan didalam tubuh makhluk hidup. Pada saat terjadi pembelahan sel ini mempu terpecah berdasarkan kelipatannya. Akan tetapi, sebelum sel itu membelah terdapat proses penggandaan partikel dalam sel, yakni salah satunya adalah DNA.

Dengan adanya penggandaan DNA inilah disebut dengan replikasi. Jadi replikasi adalah proses sintetis DNA baru yang terjadi di dalam nukleus dengan bantuan enzim helikase yang berfungsi melepaskan basa dan ikatan hidrogen yang terdapat pada rangkaian DNA.

  1. Translasi

Translasi adalah suatu tahap dimana proses menerjemahkan kode kodon yang berasal dari RNAm (mRNA) untuk dijadikan asam amino yang akan membentuk protein. Lalu tiap-tiap urutan dari basa nitrogen yang berbeda diterjemahkan menjadi sebuah unsur asam amino. Contohnya yaitu asam amino fenilalanin atau yang disebut glisin (CGC), asam amino serin (UCA) dan asam aminot triptofan (UGG).

Tujuan Sintetis Protein

Sintetis Protein pun juga memikiki tujuan dalam proses nya. Tujuan dari sintetis protein yaitu untuk membentuk sebuah protein yang bisa digunakan oleh tubuh.

Protein merupakan komponen penting yang menyusun tubuh makhluk hidup dan bagi kelangsungan hidup setip makhluk hidup.

Misalnya enzim penyusun utama nya adalah protein, hormon juga tersusun dari protein, eritrosit juga memiliki protein yang membantu pengikatan oksigen serta membran sel yang tersusun dari protein.

Lantas dengan adanya 22 asam amino pada saat proses translasi, dapat disintesis kan dalam tubuh dan beberapa yang pasti yang lainnya pun juga tetap harus diperoleh dari makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *