Pengertian Gymnospermae : Manfaat Gymnospermae

Diposting pada

Pengertian Gymnospermae : Manfaat Gymnospermae – Gymnospermae berasal dari kata Gymnos yang artinya telanjang/terbuka dan sperma yang artinya biji.

Berdasarkan arti kata itu, Gymnospermae merupakan golongan jenis tumbuhan yang dapat menghasilkan biji dalam keadaan tidak tertutup oleh daging buah sehingga kelihatan dari luar sejak masih menjadi bakal biji hingga menjadi biji.

Dan dapat disimpulkan bahwa Gymnospermae adalah jenis tumbuhan biji terbuka yang bijinya tidak tertutup oleh daun buah.

Gymnospermae menghasilkan biji dalam keadaan terbuka  hal ini dikarenakan  tidak memiliki ovarium yang merupakan tempat untuk perkembangan biji.

Maka dari itu tidak terjadi penyerbukan seperti pada kelompok angiospermae. Serbuk sari akan langsung jatuh ke tempat dimana ovum berada ( dekat mikrophil ). Pada tumbuhan berbiji telanjang memiliki penampakan yang serupa dengan dikotil anggota angiospermae.

Organ reproduksi tumbuhan berbiji terbuka ini merupakan strobilus yang terbentuk dari daun yang khusus untuk menghasilkan sel gamet ( sporofil ).

Gymnosperma hidup secara relatif kecil (sekitar 720 jenis dalam 65 marga), tumbuhan ini memiliki jenis yang  sangat beraneka ragam dalam struktur reproduksinya dan tipe daun.

Strobili mikrosporangia tersusun secara longgar dengan ribuan mikrosporangia, terkumpul menjadi untaian banyak seperti bunga. Tipe daun berkisar dari tunggal, helaian pipih sampai bentuk jarum.

Tumbuhan  Gymnosperma  atau berbiji terbuka Dibagi Menjadi 4 Kelas Yaitu :

  1. Cycadinae

Ciri khasnya yaitu batangnya tidak bercabang, daunnya majemuk, tersusun sebagai tajuk di puncak pohon.

  1. Ginkgoinae

Jenis tumbuhan tinggi pohon ini bisa mencapai 30 meter, daun nya berbentuk kipas dan mudah gugur. Serbuk sari dan bakal biji nya dihasilkan oleh individu yang berlainan.

  1. Coniferinae Coniferales

yang berarti tumbuhan pembawa kerucut, karena pada alat perkembangbiakan jantan dan betina berupa strobilus yang berbentuk kerucut. Tumbuhan yang termasuk kelompok ini mempunyai ciri selalu hijau sepanjang tahun (evergreen).

  1. Gnetinae

Jenis tumbuhan ini anggota kelompok nya berupa perdu, liana (tumbuhan pemanjat) dan pohon. Daunnya yang berbentuk oval/lonjong dan duduk daun nya berhadapan dengan bentuk urat daun menyirip.

Manfaat Gymnospermae

Banyak manfaat dari gymnospermae antara lain sebagai berikut

  1. Bahan industri kertas
  2. Bahan obat-obatan seperti Ginkgo biloba dan Abis balsamea
  3. Bahan makanan seperti Juniver, melinjo dan Gnetum gnemon
  4. Bahan bangunan seperti Pinus silveltris dan Thuya (cemara)
  5. Bahan baku ukiran seperti Texus baccata
  6. Bahan baku kertas seperti cemara, Pinus dan Agathis
  7. Tanaman hias seperti Thuja, Cupressus, Araucaria.

Baca Juga : Manfaat Mentimun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *