Pengertian dan Wewenang Mahkamah Agung

Diposting pada

Pengertian dan Wewenang Mahkamah Agung – Di masa penjajahan Belanda, sistem peradilan di Indonesia sudah muncul yang disebut Hoogerechtshoof.

Istilah ini bermakna pengadilan tinggi yang lokasinya ada di Batavia atau Jakarta.

Pada tanggal 19 Agustus 1949, Mahkamah Agung milik Indonesia resmi didirikan. Ketuanya adalah Dr.Koesoma  Atmaja yang dilantik secara langsung oleh presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Sejak saat itu, hari pelantikan Dr. Koesoma Atmaja dijadikan hari lahirnya MA (Mahkamah Agung) yang didasarkan pada Surat Keputusan (SK) resmi.

Pengertian Mahkamah Agung

Pengertian Mahkamah Agung adalah lembaga negara yang berbentuk instansi kehakiman pusat dengan membawahi seluruh peradilan di Indonesia. Beberapa peradilan yang menjadi unit bawahan dari MA adalah peradilan umum, peradilan militer, lembaga peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Mahkamah Agung terpusat dan biasanya terletak di ibu kota negara.

Dasar hukum berdirinya Mahkamah Agung adalah amandemen ketiga UUD 45 yang berbunyi kekuasaan kehakiman dipegang oleh MA dan MK (Mahkamah Konstitusi).

Sedangkan susunan organisasi keanggotaan MA terdiri dari pimpinan, panitera, hakim anggota dan satu sekretaris. Yang perlu diketahui adalah ketua MA dipilih dari Hakim Agung dan pengangkatannya diresmikan oleh presiden.

Fungsi Mahkamah Agung

Mahkamah Agung memiliki 5 fungsi penting yaitu fungsi peradilan, pengawasan, pengaturan, Pertimbangan dan administratif, Ini dia penjelasannya:  

Menurut Fungsi peradilan, MA menyediakan pengadilan kasasi agar terjadi keseragaman hukum dan keadilan hukum.  

Sedangkan Menurut fungsi pengawasan, MA digunakan sebagai pengawas tertinggi jalannya peradilan di seluruh peradilan bawahannya.

MA juga mengatur pembuatan peraturan acara jika peraturan hukum acara yang lama masih kurang. 

Lain daripada itu, MA juga berfungsi sebagai pemberi pertimbangan hukum kepada presiden. Fungsi yang terakhir atau fungsi administratif, MA mengatur tugas panitera kehakiman.

Wewenang Mahkamah Agung

Mahkamah Agung memiliki wewenang untuk mengadili secara kasasi terhadap putusan terakhir yang ditetapkan oleh peradilan dibawahnya. Selain itu, wewenang Mahkamah Agung yang kedua adalah menguji peraturan perundang-undangan di bawah UU.

Itulah pengertian dan wewenang Mahkamah Agung atau MA.  Semoga artikel singkat ini bisa menambah ilmu.

Sehingga kita menjadi lebih taat hukum dan UU yang berlaku di negara Indonesia.

Baca Juga : Contoh Identitas Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *