Pengertian dan Struktur Kloroplas

Diposting pada

Pengertian dan Struktur KloroplasPengertian Kloroplas atau Chloroplast merupakan sebuah organ pada sel yang hanya ditemukan pada tumbuhan. Kloroplas ini adalah organel yang mempunyai dua membran.

Kloroplas sendiri juga dapat ditemukan hampir setiap segala jenis tumbuhan, akan tetapi tidak umum dalam segala sel. Adapun penjelasan lainnya, kloroplas adalah plastida berwarna hijau yang mengandung pigmen yaitu klorofil.

Kloroplas mempunyai bentuk lensa dan pipih yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop dan cahaya yang sangat kuat. Sementara pada tumbuhan level tinggi kloroplas mempunyai bentuk lonjong, dan level rendah mempunyai bentuk sedikit kebulatan.

Kloroplas memiliki beberapa macam struktur, yaitu ;

  • Membran luar

Membran terluar pada struktur kloroplas ini adalah membran yang dapat ditembus oleh partikel atau dapat dikatakan permeabel.

Membran permeabel dapat diartikan kedalam tipe membran sel yang dapat dilewati dengan berbagai zat. Baik itu zat cair atau pun zat padat tanpa terkhusus.

  • Ruang Antar Membran

Struktur ini merupakan bagian yang menjadi penghalang diantara membran dalam ataupun membran luar. Ruang antar membran terdapat diantara kedua membran tersebut yang memutuskan menjadi dua bagian yang tidak sama.

  • Membran Dalam

Membran bagian ini adalah bagian struktur kloroplas yang memiliki manfaat sebagai penghalangĀ  antara stroma dan juga sitosol.

  • Stroma

Sebuah bagian membran dalam yang menutupi cairan kloroplas. Dalam stroma ini terjadi aksi gelap. Struktur tersebut berbahan dasar matriks kloroplas tempat mengalaminya aksi gelap fotosintesis untuk penyimpanan hasil fotosintesis yang terdiri dari amilum atau pati.

  • Tilakoid

Struktur ini merupakan bagian membran dalam yang memiliki kegunaan sebagai tempat terjadinya reaksi terang dan juga bermain sebagai memegang sinar matahari fungsi proses fotosintesis.

  • Granum

Struktur ini adalah bagian yang berbentuk kelompok tilakoid yang berkumpul-kumpul seperti uang logam. Granum ialah sistem membran yang memiliki manfaat sebagai tempat terjadinya peristiwa reaksi terang fotosintesis.

  • DNA Plastida

Struktur ini merupakan bagian kloroplas yang berperan sebagai gen pembawa sifat pada plastida, yang juga berguna sebagai replikasi kloroplas serta pembelahan sel kloroplas.

Pada kloroplas sendiri terdapat DNA yang memiliki bentuk sirkular dan tidak memiliki histon. Dan didalamnya dapat ditemukan sekitar 20-100 DNA sirkular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *