Pengertian dan Sejarah Zaman Batu

Diposting pada

Pengertian dan Sejarah Zaman Batu – Sejarah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masa kini. Apa yang terjadi kemarin pun merupakan sejarah dalam hidup kita yang berpengaruh pada kehidupan kita hari ini. Begitu juga dengan sejarah perkembangan hidup manusia. Untuk lebih mempermudah pemahaman akan kehidupan prasejarah, dilakukan periodesasi prasejarah.

Pada tahun 1836, C.J. Thomsen mengemukakan periodesasi prasejarah untuk pertama kalinya dengan membagi menjadi 3 zaman yaitu zaman batu, zaman perunggu dan zaman besi. Selanjutnya, zaman batu dibagi lagi menjadi:

  • Zaman batu tua (Paleolithikum)

Pada zaman ini, peralatan yang digunakan manusia terbuat dari batu dengan cara pengerjaan yang masih kasar. Manusia di zaman ini pun sangat tergantung dengan persediaan makanan dari alam karena mereka masih terbiasa melakukan food gathering (mengumpulkan makanan) atau berburu, sehingga mereka pun hidup nomaden (berpindah-pindah) antar gua atau pinggir sungai untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka akan makanan.

  • Zaman batu tengah (Mesolithikum)

Ini merupakan zaman peralihan dari Paleolithikum ke Neolithikum. Pada masa ini, peralatan yang digunakan sudah tampak lebih alus dan adanya upaya untuk mengasahnya. Manusia pun mulai hidup menetap dan adanya pembagian tugas dimana laki-laki berburu dan perempuan mengurus anak dan membuat kerajinan. Adanya kegiatan pembuatan kerajinan ini menandakan manusia sudah mengenal kesenian.

  • Zaman batu baru (Neolithikum)

Pada masa ini, manusia sudah semakin berkembang dan tidak lagi bergantung pada makanan. Hal ini tampak pada usaha mereka untuk menghasilkan makanan sendiri (food producing) dengan bercocok tanam.

Selain bercocok tanam, manusia pun sudah mulai beternak sapi dan kuda. Kehidupannya yang tidak lagi bergantung pada makanan, membuat manusia hidup menetap dengan membangun rumah dalam kelompok-kelompok. Peralatan yang digunakan pun semakin halus dan kesenian yang dikenal sudah lebih luas seperti gerabah dan tenunan.

  • Zaman batu besar (Megalithikum)

Pada zaman Megalithikum terjadi perkembangan kebudayaan yang terkait dengan kehidupan religious. Pada masa ini, manusia telah mengenal upacara penguburan beserta alat-alat yang digunakan dalam upacara tersebut.

Sekarang kita sudah mengetahui perkembangan yang terjadi pada zaman batu. Ternyata banyak perubahan yang terjadi hingga masa sekarang, ya!

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Laratuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *