Pengertian Dan Proses Glikolisis Aerobik

Diposting pada

Pengertian Dan Proses Glikolisis Aerobik – Bagaimanakah cara anda untuk mengiris ‘molekul glukosa’ menjadi setengahnya ?

Anda dapat memecahnya melalui proses ‘glikolisis’ merupakan salah satu bagian yang wajib ada dari rangkaian proses respirasi selular.

Proses ini akan terjadi di sepanjang waktu baik itu tanpa atau dengan oksigen, dimana selanjutnya masing – masing bagian akan mentransfer beberapa energi menjadi zat ATP.

Selama berlangsungnya glikolisis aerobik, terdapat 2 molekul ATP di awal rangkaian proses yang berfungsi untuk membuat molekul glukosa yang reaktif. Molekul – molekul glukosa akan ter’fosforilasi’ yang berarti bahwa ‘molekul fosfat’ akan ditambahkan ke dalam molekul glukosa melalui ‘molekul ATP’.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam

Setelah usai melakukan proses, selanjutnya akan terbagi atas molekul gula enam karbon ke dalam dua atau tiga molekul gula karbon.

Dalam kondisi ini ‘atom hidrogen’ dilenyapkan dari hasil tiga karbon gula dan dua fosfat juga dihilangkan dari setiap zat yang membentuk empat molekul ATP.

Apabila masing – masing tahapan glukosa sudah melalui masing – masing langkah ini maka akan terlihat hasil akhir yaitu dua atau tiga ‘molekul piruvat karbon’, dua molekul air dan 2 molekul ATP.

Respirasi Seluler Tahap I : Proses Glikolisis

Pada tahap awal dari rangkaian proses respirasi selular adalah merupakan proses glikolisis. Rangkaian proses ini tidak membutuhkan zat oksigen sehingga tidak terjadi di dalam ‘mitokondria’ yang mulai berlangsung di area ‘sitosol’ dari ‘sitoplasma’.

Apakah anda pernah menikmati segelas minuman yoghurt dan kapan terakhir kali anda menikmatinya untuk sarapan pagi dengan sereal ? Atau seperti anda memperoleh suntikan Tetanus ?

2 pengalaman ini sekilas baca seperti tidak memiliki hubungan apa – apa sama sekali, namun ternyata keduanya erat berhubungan dengan bakteri yang tak memakai oksigen untuk mempersiapkan ATP.

Untuk Bakteri Tetanus tidak mampu bertahan hidup jika di sekitarnya tidak ada kecukupan oksigen.

Pada ‘Lactobacillus Acidophilus’ / bakteri yang mencampur dan membuat rasa enak pada yoghurt, serta Clostridium Tetani / bakteri yang menjadi penyebab Penyakit Tetanus adalah masing – masing merupakan organisme yang melalui tahap awal terhadap respirasi sel yaitu ‘glikolisis’.

Disebabkan karena glikolisis memiliki sifat universal, sedangkan respirasi sel – sel aerobik tak bersifat universal maka sebagian ahli Biologi beranggapan bahwa ini merupakan salah satu jalur paling dasar dan bersifat primitif untuk membuat zat ATP.

Rangkaian Proses Memisahkan Glukosa

Suku kata glikolisis mengandung makna memecah glukosa, mirip dengan proses yang terjadi dari tahap awal tersebut di atas. Enzim – enzim di dalamnya akan terbagi menjadi molekul glukosa menjadi 2 molekul piruvat atau dikenal juga dengan nama ‘asam piruvat’.

Bakteri Clostridium Tetani merupakan bakteri yang bersifat anaerob obligat dimana bakteri ini tidak mampu tumbuh subur dengan dikelilingi oleh oksigen dan memakai variasi terhadap glikolisis guna menyiapkan ATP.

Karena kondisi inilah mereka mampu tumbuh dengan subur pada daerah luka tusukan dalam serta mengeluarkan racun yang menjadi penyebab penyakit kejang – kejang otot dan jika dibiarkan akan menyebabkan kematian.

Orang wajib menerima Vaksinasi Tetanus paling sedikit setiap sepuluh tahun di sepanjang hidup mereka.

Nah dalam rangkaian proses glikolisis, glukosa akan dibagi menjadi 2 molekul piruvat 3 – karbon yang bertujuan untuk melepaskan energi yang akan ditransfer ke ATP.

Berapa  banyak  molekul  ATP mampu dibuat selama melalui tahap respirasi seluler ?

Di dalam rangkaian proses respirasi sel, perlu membagi reaksi respirasi selular ke dalam 3 tahap yaitu : glikolisis, siklus krebs dan rantai transport elektron.

Tahap 1 adalah tahap glikolisis (yang akan kami bahas dalam artikel ini) merupakan jalur paling tua dan memiliki ukuran terluas untuk menciptakan zat ATP.

Perlu diingat bahwa proses respirasi seluler adalah berlangsung sangat unik diantara 3 tahap lainnya karena masing – masing tidak membutuhkan oksigen sehingga tidak terjadi di dalam mitokondria.

Reaksi kimia glikolisis biasanya terjadi tanpa membutuhkan oksigen di dalam jaringan sitosol dari sel.

Glikolisis aerobik merupakan proses yang pertama terjadi daripada 3 tahap lainnya yang membentuk respirasi selular aerobik, dimana dalam hal ini yang dimaksud dengan respirasi selular adalah sebuah rangkaian proses yang terjadi terhadap semua sel guna melepaskan energi yang tersimpan di dalam molekul glukosa.

Dua tahap respirasi aerobik dari glikolisis aerobik juga akan mengalami masing – masing tahap, dimana sejumlah reaksi kimia akan terjadi yang selanjutnya akan membentuk rangkaian keseluruhan proses respirasi selular.

Hasil dari proses glikolisis aerobik adalah molekul – molekul glukosa yang selanjutnya dipecah menjadi 2 piruvat atau menjadi asam piruvat, molekul, yang nantinya dipecah lebih lanjut menjadi dua tahap lainnya dengan dua molekul air.

Demikian sekilas uraian tentang pengertian dan proses glikolisis aerobik, semoga bisa memberi dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang bermanfaat !

Baca Juga : Manfaat Jengkol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *