Pengertian Dan Cara Mengatur Robots.txt

Diposting pada

Pengertian Dan Cara Mengatur Robots.txt – Robots.txt, mungkin beberapa orang yang memang terjun dalam dunia SEO ataupun lainnya sudah tidak begitu asing dengan nama perangkat ini. Meski begitu, robot.txt ini kadang menjadi perbincangan lantaran mereka agak mirip dengan optimasi SEO. Bahkan mereka tidak bisa membedakan mana yang termasuk robots.txt dan mana yang SEO.

Sebenarnya pengertian robots.txt merupakan istilah untuk sekumpulan berbentuk text, dimana mereka memiliki fungsi yakni sebagai pengatur web agar bisa lebih mudah dalam berinteraksi dengan bot dari perangkat pencarian.

Robot.txt juga memudahkanh Anda dalam mengawasi web blog yang dikelola oleh Anda dengan mudah. Robot.txt ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah: mereka menjadi salah satu alarm untuk membatasi kegiatan dari robot bot.

Mereka juga menjadi remote control agar spider bot bisa mengikuti instruksi yang kita buat dengan baik untuk mereka. Robot.txt ini juga bisa memblokir blog konten yang Anda kelola jika memang perlu adanya tindakan demikian.

Baca Juga : Syarat Dan Ketentuan Untuk Mengajukan KPR

Biasanya kalau seperti itu, terdapat kendla atau masalah yang dihadapi oleh blog konten Anda, sehingga mau tidak mau Anda harus memblokirnya secara permanen atau sejenisnya. Selanjutnya lagi adalah, Anda bisa dengan mudah mengatur perangkat pencarian jika seseorang ingin masuk ke halaman web Anda.

Yang pasti kalau ini Anda butuh belajar lagi, mengasah kembali agar bisa melakukan hal ini. Untuk mengaturnya, Anda perlu mengetahui beberapa istilah kode-kode yang dimiliki oleh robot.txt supaya Anda bisa mengaturnya lebih mudah.

Seperti contohnya jika Anda ingin mengatur halaman Anda agar bisa lebih aman dan tidak semua orang bisa masuk ke halaman web blog Anda, caranya adalah dengan memberikan kode “Dissallow” untuk menjadi kata kunci agar Anda bisa memproteksi halaman web Anda lebih mudah.

Kode ini bisa Anda cantumkan untuk berbagai web platform yang Anda kelola, entah di blogger ataupun WordPress. Yang membedakan hanya tampilan pengaturan yang mungkin perlu Anda pelajari lagi, supaya bisa mengerti dimana letaknya, agar kode tersebut bisa bekerja secara optimal. Sekian ulasan kali ini.

Baca Juga : Cara Kerja Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *