Pengertian, Jenis, dan Fungsi Baterai

Diposting pada

Pengertian Baterai : Jenis, dan Fungsi Baterai – Baterai merupakan salah satu benda yang sudah tidak asing lagi di era teknologi sekarang ini.

Hampir semua benda-benda elektronik menggunakan baterai sebagai sumber energi.

Baterai sendiri merupakan alat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik searah (DC). 

Fungsi baterai adalah sebagai sumber energi terutama untuk barang-barang elektronik seperti smartphone, laptop, kamera, remote, dan banyak lagi.

Baterai tersebut memiliki terminal positif (katoda) dan terminal negatif (anoda) serta elektrolit sebagai penghanntar. Baterai terbagi menjadi 2 jenis utama yaitu baterai primer dan baterai sekunder.

Baterai Primer 

Baterai primer merupakan jenis baterai yang hanya dapat digunakan satu kali saja dan relatif lebih murah. Baterai jenis ini memiliki beberapa jenis, seperti:

  • Baterai Zinc-Carbon, disebut juga baterai seng karbon atau baterai Heavy Duty.
  • Baterai Alkali, merupakan baterai yang mirip dengan baterai zinc-carbon tetapi memiliki daya tahan lebih lama karena menggunakan elektrolit dari zat alkali.
  • Baterai Lithium yaitu, baterai berbentuk bulat pipih dan dapat disimpan hingga lebih dari 10 tahun. Baterai lithium memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan baterai zinc-carbon dan baterai alkali.
  • Baterai Silver Oxide merupakan baterai yang terbuat dari perak dan memiliki kekuatan yang tinggi meskipun bentuknya kecil. Baterai silver oxide relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis baterai primer lainnya.

Baca Juga : Cara Penggunaan Anemometer

Baterai Sekunder 

Baterai sekunder merupakan jenis baterai yang yang dapat diisi ulang (rechargeable) apabila habis. Berikut adalah contoh baterai berjenis sekunder:

  • Baterai Ni-Cd, merupakan singkatan dari Nicket-Cadmium. Baterai ini menggunakan elektrolit Nickel Oxide Hydroxide dan Metallic Cadmium sehingga dapat diisi ulang. Sayangnya, baterai jenis ini mengandung bahan beracun sehingga dapat membahayakan kesehatan dan juga lingkungan.
  • Baterai Ni-MH, merupakan singkatan dari Nickel-Metal Hydride. Baterai ini memiliki kapasitas 30% lebih banyak dari baterai Ni-Cd dan dapat diisi ulang hingga lebih dari 100 kali.
  • Baterai Li-ion, merupakan baterai yang paling banyak digunakan dalam barang-barang elektronik seperti smartphone, kamera, dan laptop. Baterai ini memiliki kapasitas yang besar tetapi juga ringan sehingga sangat populer digunakan untuk barang elektronik.

Baca Juga : Pengertian Barometer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *