Pengertian Barometer : Prinsip Kerja Barometer

Diposting pada

Pengertian Barometer : Prinsip Kerja Barometer¬†–¬†selamat siang semuanya , kali ini kita akan membahas seputar barometer , ada yang tau tidak apa itu barometer ?

mungkin banyak dari kita yang tidak tau ya apa itu barometer termasuk kegunaan nya buat apa , baiklah mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Barometer

Menurut Wikipedia pengertian barometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara , barometer umum digunakan dalam peramalan cuaca dari hari kehari, dimana tekanan udara yang tinggi maka itu menunjukan cuaca yang baik dan bersahabat sedangkan tekanan udara yang rendah bisa kita simpulkan itu menandakan cuaca yang kurang baik dan kemungkinan menandakan badai akan datang.

Nah dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa barometer adalah sebuah alat yang lazim digunakan untuk meramal cuaci dari hari kehari , seperti conto saat kita menonton siaran televisi pasti ada sesi pra-kiraan cuaca , dan perkiraan cuaca tersebut bisa di prediksi melalui alat ini yaitu barometer.

Prinsip Kerja Barometer

Pada kebanyakan barometer , tabung merkuri dipasang secara sembunyi , dan gerakannya mengoperasikan lempeng penunjuk angka dibagian muka barometer , kemudian barometer aneroid bekerja dengan prinsip yang berbeda , di dalam barometer aneroid terdapat kotak legam kecil dengan tutup tipis , sebagian besar udara telah dilepaskan atau dikeluarkan dari kotak , di beri pegas untuk mencegahnya terdesak oleh tekanan udara .

Tutup kotak begerak naik turun oleh tekanan udara , dan gerakan itu dimonitor dengan tuas yang membuat penunjuk pada lempeng di depan barometer bergerak.

Nah itulah kurang lebihnya prinsip kerja dari pada barometer , untuk cara penggunaan nya sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana , agar beralan dengan efektif dan baik kita hars mengikuti prosedur yang ada.

Dan itulah untuk artikel kita kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian semua dalam membuka sebuah wawasan baru , jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tau , sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Pengertian Anemometer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *