Pengertian Amperemeter Dan Fungsi Amperemeter

Diposting pada

Pengertian Amperemeter Dan Fungsi Amperemeter¬†–¬†Sesuai dengan judul diatas, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan fungsi amperemeter.

Sebelumnya, apakah kalian pernah melihat bentuk amperemeter?

Kata amperemeter mungkin tidak asing ditelinga kita, tetapi masih banyak orang yang masih belum tahu bagaimana bentuk dari amperemeter, apa yang dimaksud dengan amperemeter, dan apa saja fungsi dari benda tersebut. Jika kalian membaca dan memahami artikel ini maka hal-hal tersebut akan segera kalian ketahui lebih dalam.

Baca Juga : Pengertian Baterai

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai pengertian dan fungsi amperemeter, sebaiknya lihat terlebih dahulu gambar dibawah ini.

Gambar diatas adalah contoh bentuk dari 2 jenis amperemeter, yaitu: amperemeter analog dan amperemeter digital.

Biasanya pada amperemeter dapat ditemukan tulisan Amperemeter (A), milliampemeter (mA), atau mikroamperemeter.

Alat ini biasanya digunakan oleh teknisi elektronik, untuk mengukur kuat arus listrik tertentu. Berikut adalah penjelasan dari pengertian dan fungsi dari amperemeter:

Pengertian Amperemeter

Pengertian Amperemeter adalah suatu benda atau alat yang dapat digunakan untuk mengukur besarnya kuat dari arus listrik yang melewati suatu rangkaian didalamnya. Alat tersebut dapat bekerja sesuai dengan gaya Lorentz dan gaya magnetis.

Fungsi Amperemeter

Amperemeter memiliki fungsi yaitu untuk mengukur kuat arus listrik dengan cara menyisipkan amperemeter secara langsung ke dalam rangkaian.

Amperemeter yang memiliki hambatan dalam yang kecil, sehingga kuat arus yang dimiliki oleh amperemeter sama dengan kuat arus yang melewati lingkaran disebut dengan amperemeter ideal.

Demikianlah penjelasan mengenai amperemeter, khususnya terkait dengan pengertian dan fungsinya. Semoga bagi kita yang telah membaca dan memahaminya dapat mengambil manfaatnya. Terimakasih.

Baca Juga : Pengertian Barometer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *