Langkah-langkah Metode Ilmiah

Diposting pada

Langkah-langkah Metode IlmiahPada umumnya, metode ilmiah diterapkan untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah dan hal yang berkaitan dengan penelitian. Ini karena hal tersebut membutuhkan pengerjaan yang terperinci dengan kelengkapan langkah-langkah pengerjaannya.

Lalu, apa saja langkah-langkah metode ilmiah yang harus diikuti? Sebelum membahas lebih lanjut tentang langkah-langkah metode ilmiah, mari membahas terlebih dahulu tentang pengertian metode ilmiah

Apa yang Dimaksud dengan Metode Ilmiah?

Metode ilmiah adalah rangkaian metode sains yang digunakan untuk memecahkan permasalahan secara rasional.

Apa Saja Langkah-langkah Metode Ilmiah?

Berikut adalah langkah-langkah metode Ilmiah.

  • Perumusan Masalah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rumusan masalah. Adapun pengertian masalah dalam sains merupakan sederetan pertanyaan terbuka yang berpeluang untuk menciptakan ragam jawaban. Jawaban tersebut nantinya akan didapatkan melalui rangkaian percobaan.

  • Penemuan Hipotesa

Hipotesa merupakan dugaan sementara atas masalah yang telah dirumuskan. Namun, hipotesa tidak berbentuk tanggapan melainkan fakta yang sudah diteliti sebelumnya dalam perumusan masalah.

  • Penetapan Variabel Penelitian

Variabel penelitian merupakan unsur yang sangat mempengaruhi hasil dari sebuah penelitian atau karya ilmiah. Terdapat tiga jenis variabel yang harus dipahami yaitu variabel bebas, tetap, dan terikat.

  • Pembuatan Prosedur Kerja

Prosedur kerja dibuat secara runut dan terperinci. Namun, perhatikan juga penggunaan kata-kata seefisien mungkin dengan menggambarkan secara gamblang tentang pekerjaan yang akan dilakukan.

  • Pengumpulan Data

Pengumpulan data didasari oleh identifikasi gejala yang terjadi pada penilitian atau percobaan. Agar mempermudah perolehan temuan, jangan lupa untuk menggambarkan hasil analisa melalui tabel pengamatan.

  • Pengolahan dan Analisa Data

Tabel yang telah dibuat pada proses pengumpulan data akan membantu memudahkan pengolahan data. Pada tabel ataupun grafik yang dibuat nantinya akan menggambarkan dengan jelas tentang variabel terkait. Pengolahan dan analisa data dapat dilakukan dengan bantuan teknologi untuk mempersingkat waktu pengerjaan.

  • Penarikan Kesimpulan

Setelah melakukan analisa data, maka akan didapatlah kesimpulan. Penarikan kesimpulan didasari oleh kecondongan yang terlihat pada proses sebelumnya. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah apakah data-data yang telah terkumpul mengandung hipotesa atau tidak. Agar penelitian ini bernilai valid, dianjurkan untuk melakukan penelitian berulang kali demi menguji kebenarannya.

  • Memberitakan Hasil Penelitian

Setelah mendapatkan hasil penelitian, langkah selanjutnya adalah memberitakan hasil penelitian. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk memberitakan hasil penelitian ini yaitu melalui tulisan atau lisan.

Nah, itulah ulasan mengenai langkah-langkah metode ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh dikatakan valid apabila mengikuti prosedur secara runut dengan pengumpulaan data yang jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *