Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Markisa

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Markisa – Selain bermanfaat untuk menghilangkan serangan penyakit asma, tanaman markisa ini juga mampu memberikan bantuan kepada anda dalam menurunkan berat badan sehingga tidak ada salahnya jika banyak orang terutama para wanita gemar mengkonsumsi buah meja yang satu ini.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Markisa

Untuk klasifikasi dari tanaman buah markisa ini mempunyai beberapa bagian yang patut untuk anda ketahui seperti ulasan kami tersebut di bawah ini :

  • Kingdom : Plantae
  • Infra kingdom : Streptophyta
  • Sum kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super divisi : Embryophyta
  • Sub divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Malpighiales
  • Super ordo : Rosanae
  • Famili : Passifloraceae
  • Genus : Passiflora L
  • Spesies : Passiflora Edulis Sims

Mengenal Morfologi Tanaman Markisa

Morfologi markisa mempunyai perbedaan pada masing – masing jenis markisa yang ada dan berkembang saat ini.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tanaman markisa di Indonesia memiliki 3 jenis yaitu markisa ungu, markisa merah, dan markisa kuning.

Baca Juga : Proses Karbohidrat Dipecah Menjadi Energi

Lalu bagaimanakah morfologi dari tanaman markisa ? Marilah anda simak bersama – sama ulasan yang ada di bawah ini.

1. Morfologi dari tanaman markisa ungu

Passiflora Edulis F. Edulis Sims atau terkenal dengan sebutan sebagai markisa ungu merupakan salah satu markisa yang sudah termasuk ke dalam kelompok forma edulis.

Tanaman ini mempunyai ciri – ciri morfologi seperti memiliki bentuk daun yang menjari serta ukuran yang menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan markisa kuning atau markisa merah.

Panjang tangkai dari markisa ungu rata – rata mencapai 2 hingga 3 Cm dengan panjang daun kisaran 9 hingga 12 Cm dan lebar sebesar 7 s/d 9 Cm.

Morfologi batang dari tanaman markisa ungu mempunyai ruas batang yang lebih pendek jika dibandingkan dengan markisa kuning dan markisa merah. Panjangnya hanya mencapai kisaran 5 hingga 7 Cm dengan memiliki ukuran bunga yang lebih kecil. Warna dari pangkal bunganya adalah putih keunguan dengan tiga baris memiliki papilla yang lebih pendek serta berujung warna adalah ungu.

Di samping itu, tambahan mahkota bunga adalah rata – rata memiliki 2 baris luar yang bergelombang dan disertai dengan panjang yang mampu mencapai ukuran 2 s/d 3 Cm. Buah dari markisa ungu ini terlihat berwarna hijau apabila buahnya masih dalam keadaan muda yang berkulit agak tipis serta keras.

Rata – rata buah markisa mempunyai bentuk yang bulat hingga oval dan berdiameter 4 hingga 6 Cm dengan berat bisa mencapai 60 Kg, adapun sari buah yang sudah matang adalah ramai, ada kecut, masam – masam manis dan segar,

2. Morfologi dari tanaman markisa merah

Sama dengan markisa ungu, yang mana markisa merah ini masih dalam sebuah forma yaitu edulis. Tanaman markisa merah memiliki ciri – ciri morfologinya menyerupai bentuk terutama dari daunnya yang menjari dengan disertai panjang tangkai berkisar antara 3 s/d 5 Cm. Panjang daunnya adalah sekitaran 10 hingga 13 Cm serta lebar bisa mencapai 11 s/d 14 Cm dan daun serta tangkai dari tanaman markisa ini memiliki warna hijau kecokelatan.

Batang – batang markisa beruas dengan masing – masing panjang ruas bisa mencapai 7 s/d 10 Cm. Ukuran bunga dari markisa merah dapat mencapai angka 7 hingga 8 Cm ditambah mahkota bunga yang berbentuk benang serta panjang yang berkisar 4 Cm.

Adapun pangkal bunga dari tanaman markisa ini berwarna ungu dan juga pada bagian ujung markisa merah ini berwarna putih. Nah markisa merah yang masih berusia muda akan memiliki warna hijau dan jika sudah masak di pohon maka berubah warna menjadi markisa merah.

Antara markisa merah dengan markisa ungu memiliki persamaan dalam hal bentuk yang oval dengan diameter bisa mencapai kisaran 6 hingga 7,5 dan berat mencapai bobot sekitar 120 gram dan rasa buah yang manis dan segar.

3. Morfologi dari tanaman markisa kuning

Berbeda dengan kedua jenis markisa tersebut di atas, markisa kuning memiliki cita rasa yang amat manis namun dengan harga yang jauh lebih murah karena mudah dalam mengembangbiakkan bahkan banyak tumbuh di hutan – hutan belantara yang termasuk ke dalam kelompok forma flavicarpa.

Morfologi dari daun markisa ini adalah pada daunnya memiliki tulang – tulang daun yang menjari serta panjang yang mencapai kisaran 2 s/d 4 Cm serta lebar daun mencapai angka 10 hingga 13 Cm disertai dengan lebar yang bisa mencapai 9 s/d 12 Cm.

Sexara garis besar daun dari markisa kuning adalah berwarna hijau serta memiliki tangkai yang berwarna hijau agak kecoklatan dengan tambahan bunga mahkota berbentuk benang dengan panjang bisa mencapai angka 3,5 Cm.

Rasa dari buah markisa kuning ini sangat enak, segar dan manis sekali.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman markisa, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca !

Baca Juga : Perbedaan Basa Adenin dengan Guanin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *