Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cabe Merah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cabe Merah

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cabe Merah – Semua orang terutama yang tinggal di wilayah Asia pasti mengenal cabe. Banyak yang menanam cabe khususnya di daerah pedesaan sering kita jumpai.

Tanaman yang memiliki rasa pedas ini kerap dijadikan bumbu pendamping kala menyantap lauk atau dijadikan bumbu pada masakan. Cabe yang selama ini sering kita temukan dijual di supermarket atau pasar memiliki beberapa jenis.

Ada cabe hijau, cabe merah besar dan cabe merah keriting. Masing-masing jenis cabe tentu memiliki perbedaan terutama pada bagian buahnya yaitu cabe.

Cabe terkadang bisa digolongkan pada jenis sayur, namun seringnya dikategorikan sebagai bumbu.

Sama seperti tumbuhan lain, cabe memiliki morfologi atau struktur bagian luar yang menyusun tumbuhan tersebut. Morfologi pada tanaman cabe terdiri dari akar, batang, daun, bunga serta biji dan buah.

  1. Akar sebagai salah satu penyokong tumbuhan membantu agar tanaman tetap dapat berdiri. Pada tanaman cabe, akar yang menopang berdirinya tanaman cabe tergolong pada akar serabut yang memiliki banyak cabang akar dan serabut di permukaannya. Pada tanaman cabe, akar hanya menembus tanah sejauh 20-40cm di dalam tanah.
  2. Batang pada tumbuhan berfungsi sebagai bagian yang mendistribusikan air dan hasil fotosintesis dari akar ke bagian tumbuhan lain. Pada tanaman cabe, jenis batang yang dimiliki adalah batang yang tidak berkayu.
  3. Daun merupakan bagian yang paling bisa dilihat perbedaannya pada tanaman cabe. Pada cabe merah, daunnya akan berwarna hijau tua dan bentuknya agak lonjong. Daun cabe biasanya memiliki panjang sekitar 3-11 cm.
  4. Pada tanaman cabe, bunga memiliki bentuk yang sama tak peduli jenis cabenya. Bunga tanaman cabe bentuknya seperti bintang yang tumbuh bergerombol atau dalam keadaan tunggal. Bunga pada tanaman cabe memiliki 5-6 helai daun mahkota dengan satu kepala putik pada tiap bunganya serta benang sari.
  5. Warna dari biji cabe adalah putih dengan ukuran kecil. Rasa pedas yang timbul dari cabe berasal dari biji pada tanaman cabe.
  6. Buah cabe yang bentuknya bermacam-macam inilah yang melindungi biji cabe. Buah ini merupakan bagian yang penting dan yang biasa dipetik untuk dipanen baik itu untuk dijual atau konsumsi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *