4 Jenis-jenis Tanaman Tabulampot
4 Jenis-jenis Tanaman Tabulampot

4 Jenis-jenis Tanaman Tabulampot

Diposting pada

Jenis-jenis Tanaman Tabulampot – Apa anda pernah mendengar istilah tabulampot? Tabulampot adalah teknik tanaman buah dalam pot.

Pada umumnya metode ini dilakukan di lahan yang sempit dan mengutamakan penggunaan pot serta jenis tanaman buah dalam penanamannya.

Jenis buah yang anda tanam dan budidayakan bisa berupa anggur, belimbing mansi, delima serta masih banyak jenis buah yang lainnya dan mampu tumbuh dengan subuh dalam wadah seperti pot.

Sudah pasti pohon buah yang ditanam dalam pot juga tidak sebanyak dengan anda menanam pohon buah dilahan biasa.

Namun, kelebihan dari teknik ini dengan tanaman hias lainnya ialah tabulampot bisa memproduksi buah disaat musim yang bisa anda manfaatkan sebagai keperluan konsumsi bukan hanya sebagai memperindah dan menjadi tanaman hias saja.

Baik, disini saya akan menjelaskan beberapa jenis tanaman tabulampot yang bisa anda lakukan di rumah.

  1. Belimbing manis

Tanaman buah ini menghasilkan buah yang mirip dengan bentuk bintang. Pohon ini bisa mencapai tinggi 5 meter dan tidak terlalu memerlukan sinar matahari. Media tanamnya pun bisa berupa tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

  1. Buah naga

Tanaman ini ternyata bisa ditanam didalam pot dengan kondisi iklim tanah yang sesuai. Tanaman buah naga ini juga tidak perlu membutuhkan lahan yang luas.

Hanya perlu perawatan yang baik dan tepat. Pada umumnya dalam setahun pohon buah naga bisa mencapai ketinggian kurang lebih 1 meter dan tumbuh dengan cepat.

  1. Delima

Delima pun termasuk jenis tanaman tabulampot yang memiliki sistem perakaran yang pendek dibandingkan dengan pohon buah lainnya.

Namun, tanaman menghabiskan cukup banyak waktu untuk berbuah. Biasanya buah delima mulai berbuah sesudah usianya 2 hingga 3 tahun dan bunganya mulai mekar 25 hingga 30 hari sesudah bakalnya muncul.

  1. Jambu air

Tanaman yang sering dikira tidak bisa tumbuh di dalam pot ini ternyata termasuk tanaman tabulampot. Kelebihan pada buah jamb air ini memiliki rasa yang lebih manis daripada ditanam pada tanah seperti biasa.

Dan pohon tanaman ini lebih cepat berubah. Untuk perawatannya juga tidak sulit dan seperti pada umumnya. Anda cukup perlu rajin menyiram, memberi pupuk, dan menjaga tanaman dari hama dan penyakit.

Baca Juga : Morfologi Tanaman Cabe Merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *