Jenis Dan Contoh Sumber Air

Diposting pada

Jenis Dan Contoh Sumber Air – Air merupakan sumber daya alam yang bisa dianggap paling penting bagi kehidupan makhluk hidup di atas permukaan bumi. Air diperlukan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. Selain itu, air juga dimanfaatkan sebagai kebutuhan lainnya seperti untuk mandi, untuk bahan baku industri, rekreasi, dan lain sebagainya.

Sumber air adalah tempat atau asal muasal air yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Sumber air di bumi ada berbagai macam jenisnya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai jenis dan contoh sumber air.

Jenis-jenis dan contoh sumber air

Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis dan contoh sumber air

  • Air tanah

Air tanah adalah air yang bisa ditemukan di bawah permukaan tanah atau di dalam tanah. Air ini berasal dari tetesan air tawar dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. Air ini diserap oleh tanah melalui pori-pori tanah atau celah batuan sehingga menuju akuifer dan menjadi sumber air.

  • Air permukaan

Air permukaan merupakan sumber air yang terbentuk karena infiltrasi tanah kapasitasnya telah penuh sehingga sebagian besar air tidak bisa teserap ke dalam tanah dan akan mengalir ke dalam sungai, danau, atau terus mengalir ke lautan. Air laut yang menguap akan jatuh dalam bentuk air hujan dan memulai kembali siklus air.

  • Gletser atau es dan salju

Gletser atau es dan salju merupakan jenis dari air tawar. Sebagian besar atau sekitar 97% dari air tawar yang ada di bumi berwujud sebagai es.

Sayangnya, gletser atau es ini hanya ada di daerah kutub sehingga tidak bisa diakses oleh manusia atau makhluk hidup dari daerah lainnya. Es ini juga berbentuk bongkahan yang sangat besar sehingga tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan makhluk hidup secara langsung.

  • Air laut

Sebagian besar atau sekitar 97% air yang ada di bumi terkandung di dalam lautan. Sayangnya, air laut memiliki karakteristik mengandung garam sehingga rasanya asin.

Akibatnya, air laut tidak bisa digunakan untuk dikonsumsi secara langsung oleh hewan darat, tumbuhan darat, atau pun manusia. Meskipun begitu, air laut jika diolah bisa digunakan untuk kebutuhan industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *