Fungsi dan Manfaat Pajak

Diposting pada

Fungsi dan Manfaat Pajak – Pajak, atau dalam bahasa Inggris adalah tax, berasal dari bahasa Latin, taxo yang berarti rate. Pajak adalah iuran rakyat kepada negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tidak mendapat balas jasa secara langsung.

Charles E. McLure mengatakan bahwa pajak adalah kewajiban finansial atau retribusi yang dikenakan terhadap wajib pajak oleh negara atau institusi yang fungsinya setara dengan negara, digunakan untuk membiayai berbagai macam pengeluaran publik.

Wajib pajak dapat berupa orang pribadi atau Badan. Penolakan, penghindaran, dan perlawanan membayar umumnya termasuk dalam pelanggaran hukum. Terdapat dua macam pajak, yaitu pajak langsung dan pajak tidak langsung.

Wajib pajak dapat membayar pajak dengan uang ataupun kerja yang nilainya setara. Lembaga pemerintah yang mengelola perpajakan negara di Indonesia adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran negara.

Uang yang dihasilkan dari perpajakan digunakan oleh negara dan institusi di dalamnya sepanjang sejarah untuk mengadakan berbagai macam fungsi. Berikut ini beberapa fungsi pajak:

  1. Fungsi Anggaran – Pajak  dijadikan alat untuk memasukkan dana secara optimal ke kas negara berlandaskan undang-undang perpajakan yang berlaku sehingga pajak di sini berfungsi membiayai seluruh pengeluaran-pengeluaran yang terkait proses pemerintahan.
  2. Fungsi Mengatur – Pajak digunakan pemerintah sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu dan pelengkap dari fungsi utama pajak itu sendiri.
  3. Fungsi Stabilitas – Keberadaan pajak menjadikan pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga dan pengendalian inflasi.
  4. Fungsi Redistribusi Pendapatan – Pajak digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum.

Adapun manfaat pajak antara lain:

  1. Fasilitas umum dan infrastruktur seperti jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit, dan puskesmas
  2. Pertahanan dan keamanan seperti bangunan, militer, rumah sakit hingga gaji-gajinya
  3. Subsidi atas pangan dan Bahan Bakar Minyak
  4. Kelestarian lingkungan hidup dan budaya
  5. Dana Pemilu
  6. Pengembangan alat transportasi massa, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *