Fungsi dan Contoh Badan Usaha

Diposting pada

Fungsi dan Contoh Badan Usaha РPengertian Badan usaha merupakan kesatuan yuridis dan ekonomis dari faktor-faktor produksi yang bertujuan mencari laba atau memberi layanan pada masyarakat. Disebut kesatuan yuridis karena badan usaha umumnya berbadan hukum.

Disebut kesatuan ekonomis karena sumber daya alam, modal, dan tenaga kerja tersebut dikombinasikan untuk mendapat laba atau memberi layanan pada masyarakat.

Badan usaha yang bertujuan mencari laba adalah badan usaha yang biasanya dimiliki oleh pihak swasta, seperti PT Gudang Garam, PT Indofood dan lainnya.

Badan usaha dapat dibagi menjadi badan usaha milik swasta (BUMS) maupun badan usaha milik negara (BUMN). Contoh badan usaha milik swasta antara lain badan usaha perseorangan; firma (badan usaha yang merupakan perekutuan  antara dua orang atau lebih dengan tujuan membagi hasil yang diperoleh); persekutuan komanditer (CV) yang mana merupakan persekutuan yang terdiri atas beberapa orang yang berusaha dan beberapa orang yang hanya mengeluarkan modal saja; serta perseroan terbatas (PT) dimana modalnya berasal atau terbagi-bagi atas saham-saham.

Sedangkan BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya berasal dari kekayaan negara. Tujuan BUMN adalah untuk melayani kepentingan umum, selain juga sebagai sumber pendapatan negara, seperti PT PLN, PT KAI dan lain sebagainya. Badan usaha mempunyai fungsi diantaranya:

  1. Fungsi Komersial.

Secara umum, tujuan dari badan usaha adalah untuk memperoleh keuntungan dimana hal ini dapat dilakukan dengan mengelola sumber daya produksi yang tersedia secara efisien dan efektif. Untuk memperoleh keuntungan secara optimal, setiap badan usaha harus bisa menghasilkan produk yang bermutu dan harga bersaing dan juga memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.

  1. Fungsi Sosial.

Fungsi sosial berhubungan dengan manfaat badan usaha baik secara langsung atau tidak langsung terhadap kehidupan bermasyarakat.

Sebagai contohnya, dalam penggunaan tenaga kerja, hendaknya perusahaan lebih memprioritaskan tenaga kerja yang berasal dari lingkungan sekitar perusahaan.

Hal ini tentunya juga akan menguntungkan kedua belah pihak, dan meningkatkan perasaan memiliki dari masyarakat sekitar terhadap keberadaan perusahaan. Contoh lainnya juga dapat terkait ilmu pengetahuan para pekerja.

Setiap perusahaan hendaknya membekali para karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.

Sehingga perusahaan tidak hanya memanfaatkan tenaga dan pikiran para karyawannya untuk kemajuan perusahaan semata, namun juga memperhatikan kualitas dan masa depan para pekerjanya.

  1. Fungsi Ekonomi Nasional

Badan usaha ini merupakan mitra pemerintah dalam upaya memajukan pembangunan ekonomi nasional. Peran badan usaha dalam membantu pemerintah antara lain dalam peningkatan ekspor dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat. Di lain pihak, pemerintah dapat memungut pajak dari badan usaha tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *