Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Diposting pada

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier – Dalam hidup ini kita memiliki tiga kebutuhan yakni primer, sekunder dan tersier.

Pengertian Kebutuhan primer yang lebih dikenal dengan istilah “sandang (pakaian), pangan (makan), papan (tempat tinggal). Kebutuan sekunder ini ibarat penunjang kebutuhan primer contohnya pendidikan, pariwisata, rekreasi.

Kebutuhan tersier yakni kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder misalnya mobil, motor, computer, Hp, dll. Kali ini saya akan membahas tentang faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier.

Faktor-faktor

  1. Tingkat pendapatan

Tingkat pendapatan seseorang bisa menjadi acuan dalam memenuhi kebutuhan tersiernya. Contohnya dia pendapatan perbulannya sekitar 5 juta, dia ingin membeli motor, tetapi yang merknya atau kualitasnya diatas standar, karena dia merasa mampu untuk membelinya karena pendapatannya lumayan tinggi.

  1. Tingkat pendidikan

Tingkat pendidikan juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier, karena semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka semakin tinggi pula kebutuhan tersiernya. Contoh jika anak SD palingan yang dibutuhkan hanya sepeda dibandingkan dengan anak SMA pasti sudah berbeda jauh karena anak SMA yang dibutuhkan bukan sepeda lagi melainkan motor.

  1. Status sosial

Status sosial dalam masyarakat juga mempengaruhi kebutuhan tersier individu, karena semakin tinggi status sosial seseorang maka cara pendang kebutuhan tersiernya juga bisa berbeda.

  1. Pergaulan

Pergaulan dalam lingkungan sekolah, masyarakat maupun tempat kerja juga berpengaruh. Karena kita berinteraksi dengan lingkungan tersebut setiap saat maka secara tidak sadar kita akan menyesuaikan dengannya.

Misal dalam suatu kantor lagi gencar-gencarnya menggunakan Hp canggih tipe XXX, maka kalian pasti juga akan menginginkannya.

Walaupun tidak semua seperti itu, tetapi ada suatu perasaan yang menuntut kalian harus memiliknya, jika semua teman-teman kalian sudah memiliknya.

  1. Lingkungan tempat tinggal

Lingkungan tempat tinggal juga sangat mempengaruhi dalam kebutuhan tersier, terutama jika tempat tinggal kalian di wilayah pedalaman yang jauh dari pasar maupun pusat kota.

Baca Juga :

Kalian pasti membutuhkan mobil ataupun alat trasportasi yang akan memudahkan akses dari rumah ke pusat kota. Beda dengan orang yang memang lingkungan tempat tinggalnya sudah di pusat kota.

Itulah beberapa yang mempengauhi kebutuhan tersier dalam kehidupan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *