Definisi dan Contoh Identitas Nasional

Diposting pada

Definisi dan Contoh Identitas Nasional¬†–Kata identitas tentunya sudah tidak asing di kalangan masyarakat, namun apakah sebagian besar masyarakat juga memahami apa yang dimaksud dengan identitas nasional? Pada dasarnya, identitas nasional adalah bentuk dari nilai-nilai budaya tumbuh berkembang di kalangan masyarakat suatu bangsa.

Pada umumnya, identitas nasional ini dijadikan sebagai pembeda dengan bangsa lain. Nah, apakah definisi identitas nasional yang sebenarnya? Dan apa saja contoh identitas nasional itu? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Definisi Identitas Nasional

Definisi identitas nasional berasal dari kata identitas dan nasional. Jika diartikan per kata mengandung arti sebagai berikut.

  • Identitasadalah unsur-unsur yang dapat menjelaskan secara rinci suatu benda maupun pribadi per orangan secara detil. Identitas yang dimaksud tidak hanya individu melainkan kelompok, komunitas bahkan suatu bangsa dan negara.

Jadi, dapat disimpulkan arti identitas adalah jati diri yang menjelaskan ciri-ciri, sifat dan keterangan yang dimiliki oleh individu, benda, kelompok, golongan, komunitas, masyarakat, bahkan bangsa dan negara.

  • Nasional adalah suatu unit yang terdiri dari beraneka ragam perbedaan yang bersatu padu berdasarkan persamaan yang telah disepakati. Adapun keanekaragaman yang dimaksud adalah perbedaan, budaya, agama, ras, bahasa, suku, adat istiadat dan beberapa perbedaan lainnya.

Berdasarkan pengertian kedua kata di atas, yaitu identitas dan nasional, jika dipadukan akan membentuk istilah identitas nasional. Adapun pengertian identitas nasional ini dapat diartikan sebagai berikut.

  • Pengertian identitas nasional secara sederhana dapat diartikan suatu ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dimana ciri khas tersebut dijadikan sebagai pembeda dengan bangsa lainnya. Contohnya Indonesia memiliki identitas nasional yang berbeda dengan Malaysia.
  • Pengertian identitas nasional secara umum merupakan himpunan dari nilai-nilai budaya yang tumbuh berkembang di tengah-tengah keanekaragaman berbagai aspek kehidupan bangsa. Artinya meskipun bercampur baur di tengah perbedaan suku, agama, adat istiadat dan perbedaan lainnya tetapi tetap menyatu dalam kesatuan atau unity. Nah, di Indonesia yang dijadikan sebagai alat kesatuan adalah Pancasila sebagai dasar negara dan semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Perlu diketahui, setiap negara memiliki identitas nasional yang berbeda-beda dan tidak mungkin akan memiliki persamaan. Hal tersebut karena, setiap negara yang ada di dunia ini memiliki sejarah yang berbeda-beda. Nah, sejarah yang berbeda-beda itulah yang membentuk ciri khas suatu negara atau bangsa.

Selain itu, identitas nasional juga dapat terbentuk dari unsur persamaan tadi yang akhirnya membentuk nasionalisme suatu negara atau bangsa. Sifat nasionalisme bangsa ini dapat dikatakan sebagai identitas bangsa buatan atau sekunder sedangkan identitas bangsa alamiah atau primer disebut dengan identitas utama atau primer yaitu suku bangsa.

Contoh Identitas Nasional Bangsa Indonesia

Setelah Anda memahami pengertian identitas nasional, tentunya Anda akan bertanya-tanya apa saja contoh identitas nasional bangsa Indonesia ini? Berikut adalah contoh identitas nasional bangsa Indonesia yang perlu diketahui.

1). Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila merupakan contoh identitas nasional. Pancasila merupakan identitas fundamental bangsa Indonesia. Hal tersebut karena Pancasila memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan bangsa kita. Pancasila yang memiliki 5 sila ini dijadikan sebagai ideologi bangsa Indonesia.

2). Identitas instrumental artinya bangsa Indonesia memiliki identitas instrumental yang merupakan alat atau media untuk mempersatukan keberagaman yang ada di Indonesia. Adapun contoh identitas instrumental sebagai identitas nasional bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Dasar hukum negara yaitu Undang-Undang Dasar 1945.
  • Semboyan Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika.
  • Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia.
  • Bendera Negara yaitu Bendera Merah Putih.
  • Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya.
  • Lambang negara yaitu Burung Garuda Pancasila.

3). Identitas alamiah yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan identitas masyarakat atau bangsa Indonesia yang terbentuk secara alami atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Artinya identitas alamiah ini terbentuk dengan sendirinya, contohnya antara lain sebagai berikut.

  • Indonesia memiliki antara 1.340 suku bangsa yang memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda antara suku bangsa yang satu dengan lainnya. ¬†Contoh: makanan khas Minang adalah rendang sedangkan makanan khas Yogyakarta adalah gudeg.
  • Indonesia mengakui 6 agama yang berbeda-beda.
  • Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki bahasa yang berbeda-beda, contoh: masyarakat yang berasal dari Jawa Timur menggunakan bahasa Jawa sedangkan masyarakat yang berasal dari Jawa Barat mayoritas menggunakan bahasa Sunda.

Selain contoh identitas nasional, ada juga kebudayaan daerah yang dapat dijadikan identitas nasional bangsa Indonesia. Artinya kebudayaan daerah tersebut telah diterima dan diakui sebagai kebudayaan nasional oleh masyarakat Indonesia, seperti kain batik.

Kain batik yang awalnya merupakan kebudayaan daerah pada akhirnya diterima sebagai kebudayaan nasional yang merupakan identitas nasional dan diakui oleh dunia sebagai identitas bangsa Indonesia.

Nah, penjelasan di atas merupakan definisi dan contoh identitas nasional bangsa Indonesia yang patut kita jaga dengan baik agar memiliki jati diri yang baik di mata dunia. Mari kita bersama-sama menjaga identitas nasional bangsa Indonesia agar selalu harum di mata dunia.

Baca Juga : Pengertian, Tugas, dan Wewenang DPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *