Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi

Diposting pada

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi – Selamat sore semuanya , kali ini kita akan membahas bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi , padi sangatlah banyak diindonesia , permasalahan nya sering kali petani mengalami kerugian saat musim panen tiba.

Salah satunya disebabkan oleh hama atau penyakit, hama merupakan organisme yang dianggap dapat merusak tanaman maupun hewan , maka dari itu kehadiran nya harus di cegah , kalau pun sudah terlanjur ada tentu kita harus mengatasinya.

Hama, Penyakit dan cara pengendaliannya

  • Wereng Coklat

Apabila anda melihat sawah yang Nampak kering dan seperti terbakar maka sawah tersebut bisa saja terkena hama yang satu ini wereng coklat sering menyerang tanaman padi yang mengandung unsure N ( nitrogen ) terlalu tinggi yang digunakan pada pupuk yang dipakai

Cara pengendaliannya adalah dengan bisa menggunakan insektisida applaud , varietas tahan , dan mengurangi pengurangan pupuk yang megandung nitrogen , dapat dilakukan untuk mengendalikan hama ini.

  • Wereng HIjau

Virus tungro merupakan virus yang disebabkan oleh hama jenis ini , apabila tanaman padi terkena oleh wereng hijau maka menyebabkan padi tersebut terkena penyakit tungro pada saat fase persemaian padi rentan terkena hama/penyakit padi ini.

Cara pengendaliannya adalah dengan sama seperti cara pengendalian pada wereng coklat.

  • Tikus

Tikus bisa saja menyerang tanaman pada saat semua fase dan malam hari adalah waktu terbaik untuk tikus menyerang , bukan hanya padi tanaman lain pun sering kali disering hama padi jenis ini seperti gandum , jagung dan lain lain.

Cara pengendaliannya adalah dengan memanfaatkan muusuh alaminya yaitu kucing atau anjing.

  • Burung

Pada fase masak susu hingga panen biasanya burung akan mulai menyerang , dan tentu dalam mengatasi hama jenis ini tidaklah mudah .

Cara pengendaliannya bisa dengan menggunakan bahan – bahan kimia atau racun untuk membunuh hama tersebut.

  • Busuk Batang

Meupakan penyakit yang menginfeksi bagian dalam batang kanopi dan menyebabkan tanaman jadi mulai rebah , gejala awal berupa bercak kehitaman bentuknya tidak teratur pada sisi luar .

Cara pengendaliannya adalah dengan keringkan petakan dan biarkan tanah sampai retak hingga diairi kembali.

  • Bercak Cercospora

Disebabkan oleh jamur cercospora oryzae , penyakit ini menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada penanaman di lahan yang kurang subur , penyakit ini menghasilkan gejala lurus sempit berwarna coklat pada helaian daun bendera .

Cara pengendaliannya bisa dengan penggunaan produk nasa yang berupa natural glio disaat diolah tanah dengan dicampurkan pupuk kandang atau dicampurkan super nasa.

Nah itu saja untuk artikel kita kali ini semoga bisa bermanfaat , jangan lupa share , sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Gambas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *