Cara Kerja Hosting dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Cara Kerja Hosting dan Jenis Jenisnya – Hosting merupakan sebuah tempat yang bisa ditaruh informasi serta data-data yang dimiliki oleh suatu website. Bukankah website itu berisikan data-data seperti teks, video, gambar dan lain sebagainya? Nah, dengan adanya Hosting maka data-data tersebut akan disimpan dan dapat ditampilkan kembali. Tanpa Hosting tentu saja data-data tidak akan tersimpan dan tidak bisa ditampilkan, hal ini sangat buruk bukan?…

Anda bisa membayangkan seseorang mengunjungi website tanpa ada isinya, Apakah ini tidak aneh? Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang aneh. Itu sebabnya Hosting ini sangat penting bagi para pemilik website. Berbicara mengenai Hosting, maka artikel ini kami akan mengulas tentang cara kerja beserta dengan jenis-jenis dari Hosting. Berikut dibawah inilah yang merupakan pembahasan mengenai hal tersebut.

Cara Kerja Hosting

Pada umumnya cara kerja Hosting ini yaitu saat anda mengakses ke sebuah website (apakah itu menggunakan nama domain atau IP address) melalui suatu browser yang telah menggunakan jaringan protokol HTTP. Lalu internet dapat mengirim permintaan akses pada server hosting.

Kemudian, server tersebut akan melakukan pengiriman informasi file atau data yang diminta pada komputer dengan melalui internet. Selanjutnya ini akan diterjemahkan oleh suatu web ke dalam bentuk gambar ataupun teks. Pada saat anda ingin melakukan koneksi ke website maka anda perlu memasukkan alamat website.

Langkah yang selanjutnya yaitu akan ada perintah dari browser yang akan diteruskan ke internet dan server hosting sehingga akan dilakukan eksekusi sesuai permintaan. Maksudnya yang akan diteruskan ke internet yaitu agar bisa tampil di browser anda. Dengan begitu anda akan mendapatkan tampilan halaman yang sesuai dengan website.

Jenis-jenis Hosting

Apakah anda ada rasa ingin tahu tentang jenis-jenis dari Hosting? Jika iya, maka anda adalah orang yang paling tepat apabila sedang berada disini. Kenapa? Karena disini kami akan membagikan beberapa jenis Hosting yang wajib diketahui oleh anda. Nah tanpa basa-basi, maka langsung saja di baca dan simak ulasan yang sudah tertulis seperti yang ada dibawah ini.

  1. Cloud Hosting

Siapa yang tidak kenal dengan Cloud Hosting ini dimana layanan Cloud Hosting ini menjadi sebuah layanan yang terpopuler di belakangan ini. Cloud Hosting mampu mencegah terjadinya down terhadap website anda. Prinsip dari Cloud Hosting adalah suatu website yang dapat disimpan pada beragam server virtual. Apabila server yang satu tidak bisa dioperasikan, maka server yang lain bisa digunakan oleh website anda.

Ibaratnya anda seperti memiliki banyak rumah, apabila rumah yang satu memiliki kerusakan atau tidak layak untuk ditempatkan, maka anda masih bisa tinggal atau beralih ke rumah yang lainnya. Jika anda ingin membuat website, maka pilihan yang paling terbaik ketika anda memilih Cloud Hosting ini. Mungkin karena memiliki kemampuan yang tidak mudah down sehingga menjadi Hosting yang paling tepat salah satu yang menggunakan cloud hosting adalah Domainesia.

  1. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan hosting yang memiliki ruangan secara khusus untuk tempat penyimpanannya dan hanya untuk satu client saja. Dedicated Hosting bisa menjaminkan bahwa anda bisa mendapatkan kebebasan dan sumber daya yang luas untuk digunakan oleh anda. Bahkan anda tidak akan mendapatkan kesulitan dalam pengaturannya, karena pengaturannya sudah ditentukan oleh penyedia layanan hosting.

Intinya melalui Dedicated Hosting anda bisa mendapatkan tempat yang besar dan tidak akan pernah mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya. Bahkan Dedicated Hosting ini sangat cocok untuk digunakan oleh website yang besar. Apabila anda ingin membuat sebuah website yang mengenai e-commerce ataupun marketplace, maka Dedicated Hosting inilah yang menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Baca Juga : Cara Mempromosikan Blog Melalui Facebook

  1. VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server merupakan salah satu layanan Hosting yang memiliki harga terjangkau daripada layanan Dedicated Hosting. Melalui layanan VPS hosting anda bisa melakukan pembagian pada sumber daya. Jadi, anda bisa menyesuaikan dengan keperluan website yang dimiliki oleh anda. Namun, anda juga harus berhati-hati ketika ingin menggunakan layanan VPS hosting.

Ini dikarenakan anda akan mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan VPS hosting, terutama anda yang masih pemula. Jika anda tidak ingin terjadi kesusahan mungkin kedua layanan diataslah yang sangat cocok untuk digunakan daripada VPS hosting. Mungkin inilah yang menjadi sebuah kekurangan dari layanan hosting yang satu ini.

  1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan hosting yang memiliki prinsip untuk sebuah server yang akan pembagian dipecahkan ke client-client sehingga setiap client bisa menggunakan hosting. Dengan adanya satu hosting yang bisa digunakan oleh beberapa client maka, harga dari layanan ini akan menjadi relatif murah jika dibandingkan dengan layanan yang lainnya.

Walaupun harga dari layanan Shared hosting ini termasuk harga yang sangat murah, namun tetap saja anda juga akan mendapatkan hal yang buruk dibalik harga yang murah. Salah satunya adalah keterbatasan dari server, sehingga hal ini akan berdampak pada website kita diman web hosting tidak mampu untuk memfasilitasikan sebuah website dengan berbagai data serta traffic tinggi.

Pembahasan ini kita bisa mengambil kesimpulannya, dimana Hosting itu sangat penting bagi keperluan website anda. Nah, dengan adanya cara kerja serta jenis-jenis Hosting, maka anda bisa memilih sebuah jenis Hosting yang cocok dengan kebutuhan anda.

Baca Juga : Syarat Dan Ketentuan Untuk Mengajukan KPR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *