Biografi W.R. Soepratman

Diposting pada

Biografi W.R. Soepratman – Lagu kebangsaan Indonesia Raya tidak bisa dilepaskan dari sosok seorang WR Supratman. Karena tanpa tangan kreatifnya, kita tidak akan pernah mengenal lagu patriotis tersebut.

Maka menjadi wajar jika pencipta lagu Indonesia Raya ini dikenang sebagai pahlawan. Bukan itu saja, biografinya juga harus diperkenalkan ke seluruh rakyat supaya jasa-jasa yang diberikannya melalui nada-nada musik, tidak hilang begitu saja.

Atas dasar itu, di artikel berikut ini kami akan merilis biografi singkat WR Supratman. Sebuah narasi profil ketokohan sang maestro yang mungkin bisa meningkatkan nuansa kesejarahan kita untuk terus mengenang beliau sepanjang hayat.

Biografi WR Supratman

  1. Profil Singkat

WR Supratman merupakan nama populer dari pencipta lagu Indonesia Raya. Sedangkan nama aslinya adalah  Wage Rudolf Supratman. Beliau lahir di desa Sumongan Purworejo tepatnya pada tanggal 19 maret 1903. WR Supratman dilahirkan dari seorang ayah bernama Djoemeno Senen Sastrosoehardjo dan ibu bernama Siti Senen.

  1. Riwayat Pendidikan

WR Supratman pernah bersekolah di Normaal School Makasar. Dia mengambil pelajaran Bahasa Belanda di kelas malam yang ditekuninya selama tiga tahun. Setelah lulus dia langsung didapuk menjadi guru di Sekolah Angka 2 saat usianya baru beranjak 20 tahun.

  1. Riwayat Perjalanan Karir

WR Supratman muda pernah bekerja sebagai karyawan di perusahaan perdagangan. Namun beliau merasa tidak cocok di bidang tersebut sehingga pindah haluan menjadi wartawan di dua media terkenal kala itu yaitu harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita.

Ketika beliau menjadi wartawan, hubungannya dengan tokok-tokoh pergerakan semakin harmonis. Bahkan beliau pernah menulis sebuah buku yang berisi kritikan tajam terhadap pemerintah Hindia Belanda berikut penjajahannya di Bumi Putra.

  1. Menciptakan Lagu Indonesia Raya

Selain berkutat dengan data-data jurnalistik, WR Supratman juga memiliki bakat bermusik yang dia pelajari dari kakak iparnya. Bahkan beliau pintar bermain biola dan berhasil menggubah banyak lagu dengan gesekan biolanya.

Pada suatu kesempatan beliau membaca  polemik di harian Timbul kalau para musisi saling menantang untuk membuat lagu kebangsaan. Beliau memenuhi tantangan tersebut dan Akhirnya lagu miliknyalah yang menjadi pemenang. Lagu Gubahan beliau yaitu Indonesia Raya berhasil mempesona para pemuda di kongres Sumpah Pemuda II jakarta, sehingga setiap kongres setelahnya, lagu tersebut selalu dijadikan mars pembuka.

Itulah sekilas biografi WR Supratman. Seorang maestro musik Indonesia yang berhasil menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *