5 MANFAAT BUAH JERUK BALI UNTUK KESEHATAN

Diposting pada

MANFAAT BUAH JERUK BALI – Siapa yang tidak tahu buah jeruk bali? Buah jeruk dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan buah jeruk lainnya ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Jeruk bali sudah terkenal dengan kandungan vitamin C lebih tinggi dan mengandung sejumlah senyawa penting untuk kesehatan tubuh.

Banyak orang yang mengira bahwa jeruk bali merupakan buah jeruk yang berasal dari Bali, Indonesia. Namun, anggapan tersebut ternyata bukan fakta yang tepat. Buah dengan nama latin Citrus grandis adalah tanaman yang banyak ditemukan tumbuh di Asia Selatan serta Asia Tenggara. Belum dapat dipastikan asal tumbuhan jeruk bali ini tepatnya dari negara mana.

Dalam bahasa Inggris, buah jeruk bali disebut dengan pomelo. Berkaitan dengan istilah tersebut, Departemen Pertanian menyarankan bahwa buah jeruk bali juga disebut dengan pomelo, tetapi hingga sekarang istilah jeruk bali jauh lebih dikenal daripada pomelo. Uniknya, terdapat persilangan dari jeruk bali dengan jeruk manis yang menghasilkan jeruk limau gedang.

Selain vitamin C, buah jeruk bali mempunyai banyak kandungan di dalamnya, seperti likopen, asam sitrat, bioflavonoid, kalium, vitamin B1, dll. Untuk mengetahui beberapa manfaat penting yang dapat diberikan oleh jeruk bali bagi kesehatan tubuh, yuk simak terus artikel ini!

  1. Mengobati sariawan, menjaga kesehatan gigi serta mulut

Untuk kalian yang sering mengalami sariawan di mulut, maka mengkonsumsi buah jeruk bali merupakan salah satu obat alami yang dapat dicoba.

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk akan memulihkan sariawan yang ada dimulut karena berfungsi untuk merangsang kolagen agar berproduksi.

Adanya produksi kolagen yang cukup juga ternyata dapat membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat dan kuat. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga ampuh mengusir bakteri penyebab bau mulut maupun sariawan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk bali juga berfungsi untuk menjaga agar sistem imun atau sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit lebih baik. Misalnya saja, penyakit flu dan batuk adalah penyakit yang menandakan bahwa kekebalan tubuh kita berkurang karena kurangnya istirahat atau mungkin karena asupan vitamin C yang kurang. Buah jeruk dapat menangani hal ini dengan baik.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Cartnitine palmitolytransferase merupakan enzim dalam buah jeruk bali yang digunakan untuk membakar lemak di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan pectin dalam buah jeruk bali juga mampu menurunkan kolesterol jahat, sehingga baik dikonsumsi untuk yang ingin menurunkan berat badan demi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah kanker secara alami

Kandungan alami dalam jeruk bali, seperti bioflavonoid, vitamin C, kalium, beta-karetan, hingga likopen berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan dapat mencegah radikal bebas untuk berkembang di dalam tubuh sehingga menjadi sel kanker di dalam tubuh.

Peranan antioksidan ini juga dapat digunakan untuk menghmbat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas memberikan banyak dampak negatif untuk tubuh dan harus dicegah secepat mungkin. Selain berfungsi sebagai agen untuk mencegah kanker, peran antioksidan di dalam buah jeruk bali juga bermanfaat untuk membuat kulit nampak lebih muda atau sebagai produk anti-aging.

  1. Membuat sistem pencernaan tubuh menjadi lebih sehat

Berbagai macam senyawa serta vitamin dalam buah jeruk bali memang terbukti kontribusinya dalam kesehatan tubuh, termasuk untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Baca Juga :

Adanya bakteri di dalam tubuh yang berasal dari makanan atau tangan yang kurang bersih ketika makan dapat mengakibatkan diare. Selain itu, sistem pencernaan yang tidak sehat pun dapat membuat kita mengalami sembelit atau wasir.

Mengatasi hal tersebut, buah jeruk bali kaya akan air serta serat untuk memaksimalkan fungsi lambung agar dapat merangsang asam lambung melakukan pemecahan terhadap protein kompleks. Tidak hanya itu, fungsi serat tersebut juga membantu usus serta organ pencernaan lainnya dalam mengolah makanan yang sudah kita konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *